LAPORAN
PROGRAM KAMPUS MENGAJAR
Pelaksanaan Kegiatan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3
di SD Negeri Wungu 02 Madiun







Disusun Oleh:
Nafiatul Septaningtiyas
NIM. 190411630499


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA NIAGA
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
2022

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN AKHIR
PROGRAM KAMPUS MENGAJAR
Laporan Pelaksanaan Kegiatan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3
Di SD Negeri Wungu 02 Madiun

Nafiatul Septaningtiyas
190411630499

Laporan ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan pertanggungjawaban
keikutsertaan dalam Program Kampus Merdeka

Madiun, 29 Juni 2022
Menyetujui/Mengesahkan

Guru Pembimbing Dosen Pembimbing Lapangan


Deby Dillah Nur’aini, S.Pd
NIP: -




Nur Syamsiah, S.Pd., M.Pd
NIDN : 0710088304

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Negeri Malang

Prof. Dr. Cipto Wardoyo, S.E., MPd, M.Si. Ak., CA
NIP. 196104151986011001

i
KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, nikmat dan
hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan akhir Program Kampus Mengajar
Angkatan III. Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman dan ilmu yang penulis peroleh
selama melaksanakan Kampus Mengajar Angkatan III di SD Negeri Wungu 02 yang
tempatnya di Desa Wungu Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur yang
kegiatannya dimulai pada tanggal 28 Februari 2022 - 28 Juni 2022. Dalam penyusunan laporan
ini penulis banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, oleh sebab itu penulis ingin
mengucapkan terima kasih kepada :
1. Kementerian Pendidikan, Kebudayan Riset dan Teknologi Republik Indonesia
2. Universitas Negeri Malang
3. Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun
4. Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Nur Samsiyah, S.pd, M.pd.
5. Seluruh Keluarga Besar SD Negeri 02 Wungu, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun
6. Teman-teman seperjuangan di Kampus Mengajar Angkatan 3 yang sangat kusayangi dan
sudah aku anggap keluargaku sendiri (Kurnia Sekarsari (Universitas PGRI Madiun), Intan
Amalia Fadilah (Universitas PGRI Madiun), Evita Dwi Agustina (Universitas PGRI Madiun),
Rissa Amarthya Gafrianty (Universitas Negeri Malang)).
7. Seluruh keluarga,teman-teman dan kerabat yang selalu memberi motivasi, dukungan, dan
semangat.

ii

Penulis menyadari bahwa penulisan akhir ini masih jauh dari kata sempurna. Penulis
berharap pembaca dapat memberikan kritik dan saran supaya kedepannya lebih baik lagi. Dan
penulis berharap semoga laporan akhir ini dapat bermanfaat khususnya untuk penulis itu
sendiri dan pembaca pada umumnya.



Madiun, 29 Juni 2022
Penulis,

Nafiatul Septaningtiyas
190411630499

iii
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL. .....................................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN. .....................................................................
KATA PENGANTAR. .................................................................................................. i
DAFTAR ISI. .............................................................................................................. iii
ABSTRAK ................................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang .................................................................................................. 1
B. Tujuan............................................................................................................... 2
BAB II ANALISIS SITUASI DAN PERENCANAAN PROGRAM
A. Analisis Situasi ................................................................................................. 3
B. Rencana Program dan Kegiatan ......................................................................... 4
BAB III PERSIAPAN, PELAKSANAAN, DAN ANALISIS HASIL
A. Persiapan........................................................................................................... 5
B. Pelaksanaan Program ........................................................................................ 7
a. Mengajar ..................................................................................................... 7
b. Membantu Adaptasi Teknologi .................................................................... 8
c. Membantu Administrasi Sekolah dan Guru ................................................. 8
d. Membantu Meningkatkan Karakter dan Kompetensi Siswa ......................... 8
C. Analisis Hasil Pelaksanaan Program ................................................................ 10
a. Mengajar ................................................................................................... 10
b. Membantu Adaptasi Teknologi ...................................................................10
c. Membantu Administrasi Sekolah dan Guru ................................................10
d. Membantu Meningkatkan Minat dan Kompetensi Siswa.............................10
D. Rekomendasi dan Usulan Perbaikan .................................................................12
BAB IVPENUTUP .........................................................................................................

iv
A. Kesimpulan ..................................................................................................... 13
B. Saran ................................................................................................................13
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................................14
LAMPIRAN ............................................................................................................... 15

v
ABSTRAK
Program Kampus Mengajar Angkatan 3 yang merupakan salah satu bentuk
pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM ) yang berupa asistensi
mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran
di Sekolah Dasar di berbagai Desa/Kota terutama daerah 3T, salah satunya adalah SD
Negeri Wungu 02, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Pada program
ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah
pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi.
Selain itu, mahasiswa memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki karakter siswa dan
meningkatkan minat belajar siswa selama masa pandemi ini.
Program Kampus Mengajar Angkatan 3 hadir sebagai tawaran solusi untuk
mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Dan tujuan utama diadakannya
program kampus mengajar angkatan 3 adalah untuk meningkatkan literasi dan
numerasi pada siswa di SD.
Tujuan dari kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3 ini telah tercapai dengan
baik. Banyak sekali pihak yang mendapatkan dampak positif dan manfaat dari adanya
kegiatan ini, terutama pihak sekolah dan wali murid dari siswa. Dan kami mahasiswa
juga mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pelajaran baru selama mengikuti
program Kampus Mengajar Angkatan 3 ini.
Kata kunci : mengajar, adaptasi teknologi, administrasi sekolah.

1
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pandemi Covid-19 yang melanda di berbagai negara termasuk Indonesia telah
mengubah cara beraktivitas sehari-hari. Berbagai langkah ditempuh oleh
Pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19 tidak terkecuali juga pada sektor
pendidikan, untuk melindungi generasi bangsa dari penularan Covid-19, maka
pemerintah mengeluarkan kebijakan penyelenggaraan pembelajaran dilakukan
secara Daring atau pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran Daring atau
pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan saat ini belum sepenuhnya efektif
karena masih banyak kendala seperti sinyal internet, dan kuota internet. Untuk
tingkat sekolah, pembelajaran jarak jauh yang sangat terkendala dengan
permasalahan logistik yang sangat mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran.
Melihat kondisi pada saat ini, maka melalui Direktorat Pembelajaran dan
Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyusun Program
Kampus Mengajar Angkatan 3. Kampus Mengajar Angkatan 3 (KM) merupakan
salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM) berupa
asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses
pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) berbagai desa/kota di Indonesia khususnya
daerah 3T.
Adapun ruang lingkup Program Kampus Mengajar Angkatan III mencakup
pembelajaran di semua mata pelajaran yang berfokus literasi dan numerasi, adaptasi
teknologi dan bantuan administrasi sekolah. Dengan Program tersebut, diharapkan
mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan
karakter serta memiliki pengalaman belajar. Selain itu, melalui program ini
diharapkan terjadi peningkatan efektivitas proses pembelajaran dalam kondisi
darurat pandemi Covid-19.

2
B. Tujuan
Tujuan dilaksanakannya program Kampus Mengajar Angkatan 3 adalah
memberdayakan mahasiswa untuk membantu proses pengajaran di Sekolah Dasar
(SD) sekitar desa/kota tempat tinggalnya khususnya daerah 3T. Tujuan Program
Kampus Mengajar Angkatan 3 ini adalah :
1. Menanamkan empati dan kepekaan social pada diri mahasiswa terhadap
permasalahan kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya dan juga kepada
warga sekolah
2. Mengasah keterampilan berpikir dan membangun sebuah Kerjasama yang baik
antara mahasiswa satu dengan mahasiswa lainnya yang berasal dari lintas
jurusan dan lintas kampus.
3. Mengembangkan wawasan, karakter, dan soft skill pada diri mahasiswa.
4. Meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa pada
program Kampus Mengajar Angkatan 3.
5. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan
mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.
6. Membantu sekolah untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal
terhadap semua peserta didik pada jenjang SD dalam kondisi terbatas dan kritis
selama pandemi.
7. Memberikan kesempatan belajar optimal kepada semua siswa pada jenjang SD
dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemi covid-19.

3

BAB II
ANALISIS SITUASI DAN PERENCANAAN PROGRAM
A. Analisis Situasi
Sekolah yang menjadi sasaran program Kampus Mengajar Angkatan 3 (KM)
adalah sekolah dasar yang berakreditasi B dan C terutama di daerah 3T. Program ini
dapat dilakukan secara daring ataupun luring tergantung kebijakan dari SD yang
menjadi tempat dilaksanakannya program Kampus Mengajar. Salah satu SD yang
menjadi tempat dilaksanakannya program Kampus Mengajar adalah SD Negeri
Wungu 02 yang terletak di desa Wungu, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun,
Jawa Timur. Sebelum mahasiswa melaksanakan kegiatan Kampus Mengajar, ada
beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu observasi/melihat kondisi sekolah
untuk mengetahui apa saja yang sekiranya diperlukan dari sekolahan tersebut.
Berdasarkan observasi yang dilakukan, ternyata sekolah yang saya tempati
untuk kampus mengajar lokasinya sangat jauh dari tempat tinggal saya butuh waktu
kurang lebih 1 jam untuk sampai ke sekolah, selain itu letak sekolahnya bisa dibilang
didaerah pegunungan Sekolah tempat kegiatan saya Kampus Mengajar berakreditasi
B, memiliki 91 siswa dari kelas 1-6, dan kurikulum yang digunakan yaitu K-13.
Di sekolah tersebut terdapat 6 ruang kelas, 1 kantor ruang guru, 1
perpustakaan, 1 ruang kepala sekolah, 1 kamar mandi siswa, 1 kamar mandi guru,
dan halaman sekolah. Di sekolah tersebut memiliki jumlah tenaga pendidik yang
berjumlah 9 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan staff tata usaha. Untuk
organisasi yang ada di sekolah tempat saya melaksanakan Kampus Mengajar yaitu
pramuka dan hadroh. Namun semenjak pandemi covid-19 terjadi, semua kegiatan
ekstrakulikuler di hentikan. Pembelajaran bertatap muka yang dilaksanakan pada
sekolah tersebut menggunakan sesi bergiliran jika jumlah siswa dalam 1 kelas lebih
dari 15 siswa, maka harus dilakukan secara bergantian (sesi) karena untuk mematuhi
protokol kesehatan selama pembelajaran bertatap muka.

4
B. Rencana Program dan Kegiatan
Melalui program Kampus Mengajar Angkatan 3 ini, mahasiswaa memiliki
kegiatan yang menjadi tanggung jawab dalam membantu kegiatan belajar, membantu
adaptasi teknologi, dan membantu administrasi. Adapun penjelasan dari kegiatannya
sebagai berikut :
1. Kegiatan Mengajar
a) Membantu guru dalam melakukan pembelajaran luring.
b) Membawa perubahan bagi guru dan siswa dalam pembelajaran kearah yang
lebih baik.
c) Memperbaiki karakter siswa dan meningkatkaan minat siswa untuk belajar.
2. Membantu Adaptasi Teknologi
a) Membantu guru dan siswa lebih mengenal teknologi misalnya cara
menggunakan aplikasi canva sebagai editing gambar dan cara menggunakan
website twibbon.
b) Membantu penerapan sistem pembelajaran 4.0 yang berbasis teknologi.
Misalnya, penggunaan aplikasi dalam pembelajaran luring.
c) Menerapkan aplikasi AKM Siswa tentang penerapan literasi dan numerasi di
Sekolah Dasar.
3. Membantu Administrasi
a) Menata ruang kepala sekolah dan ruang guru
b) Menata perpustakaan
c) Mengindukkan buku

5
BAB III
PERSIAPAN, PELAKSANAAN, DAN ANALISIS HASIL
A. Persiapan
Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 3 terdiri dari kegiatan
persiapan yang dilakukan mulai dari Pembekalan, Penerjunan, Observasi, dan
Perencaan Program Kerja.
1. Pembekalan
Pembekalan dilakukan kepada mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan
untuk memberikan pengetahuan minimal yang diperlukan dalam kegiatan asistensi
mengajar di Sekolah Dasar. Materi Pembekalan meliputi :
a) Peran mahasiswa dalam sekolah
b) Pedagogi sekolah
c) Profil pelajar Pancasila
d) Komunikasi dan kearifan lokal
e) Facilitating skill
f) Facilitation skill
g) Konsep dasar literasi dan konsep dasar numerasi
h) Asessmen dan pemetaan literasi numerasi
i) Strategi pembelajaran membaca menulis SD
j) Strategi pembelajaran literasi membaca menyenangkan SD
k) Strategi pembelajaran numerasi menyenangkan SD dan SMP
l) Merancang model pembelajaran numerasi SD dan SMP
m) Literasi numerasi sesuai modul jenjang SD dan SMP
n) Pencegahan 3 dosa (kekerasan seksual)
o) Penggunaan aplikasi AKM SEKOLAH sebagai bentuk pengembangan literasi
dan numerasi di sekolah.
2. Penerjunan
Setelah selesai melakukan pembekalan mahasiswa melakukan koordinasi
dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Sekolah Dasar tempat pelaksanaan
program. Langkah koordinasi meliputi kegiatan sebagai berikut :

6
a) Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan menjalin komunikasi awal
dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tempat SD sasaran.
b) Mahasiswa melakukan lapor diri dan menyerahkan Surat Tugas Belmawa dan
Surat Tugas dari Perguruan Tinggi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
c) Dinas Pendidikan membuatkan Surat Tugas untuk mahasiswa ke sekolah
sasaran.
d) Mahasiswa mengunggah foto kegiatan di Aplikasi MBKM sebagai bukti lapor
diri mahasiswa kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
e) Koordinasi dengan Sekolah Dasar mahasiswa melakukan lapor diri kepada
Kepala Sekolah dan Guru Pamong serta menyerahkan Surat Tugas dari Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota, Salinan Surat Tugas dari Direktorat Belmawa
dan Surat Tugas dari Perguruan Tinggi.
3. Observasi
a. Observasi Sekolah, meliputi :
1) Lingkungan Sekolah berupa lingkungan fisik/sarpras, lingkungan sosial,
iklim dan suasana akademik.
2) Administrasi Sekolah.
3) Organisasi Sekolah.
b. Observasi proses pembelajaran meliputi Analisis Perangkat Pembelajaran
(Kurikulum, Silabus, RPP, dll), Metode Pembelajaran yang diterapkan
meliputi :
1) Pembelajaran tatap muka.
2) Strategi Pembelajaran Luring yang diterapkan oleh sekolah,
3) Media dan sumber pembelajaran,
4) Adaptasi teknologi, dan
5) Administrasi sekolah dan guru.
4. Perencanaan Program Kerja
Dalam kegiatan ini, dilakukan penyusunan rancangan kegiatan sebagai berikut :
a) Mahasiswa menyusun rancangan kegiatan selama penugasan berdasarkan hasil
observasi sekolah mengenai kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukan,
metode yang akan diterapkan dan model pembelajaran yang akan diterapkan,
kelengkapan administrasi pembelajaran dan kegiatan adaptasi teknologi oleh

7
mahasiswa kepada guru dan siswa.
b) Mahasiswa mengkonsultasikan rancangan kegiatan pada Guru Pembimbing
dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).
c) Mahasiswa meminta persetujuan rancangan kegiatan kepada Dosen
Pembimbing Lapangan.
B. Pelaksanaan Program
1. Mengajar
a) Membantu mengajar di kelas
Kegiatan ini dilaksanakan ketika sekolah sudah diperbolehkan untuk
PTM (Pembelajaran Tatap Muka) namun tetap mematuhi protocol kesehatan,
yang mana kegiatan ini mahasiswa membantu mengajar dikelas menggantikan
guru selama pembelajaran berlangsung.
b) Memperbaiki karakter siswa
Untuk mengenali karakter setiap siswa kita melakukan pendekatan
kepada siswa dengan cara memperkenalkan diri, mengajak bicara siswa,
mengamati setiap perilaku siswa. Untuk dapat memperbaiki karakter siswa
yang kurang baik dapat dilakukan dengan cara pendekatan kepada siswa dan
menasehati siswa dengan baik.
c) Penanaman kedisplinan
Untuk menanamkan sikap kedisplinan pada setiap siswa. Kami
mahasiswa kampus mengajar angkatan III melakukan pengecekan setiap hari
senin dan jumat, seperti siswa yang tidak membawa sabuk, dasi, hasduk, dan
terlamabat. Untuk meningkatkan kediplinan bagi siswa, setiap siswa yang
tidak membawa atribut akan dikenakan sanksi tersendiri.
2. Membantu Adaptasi Teknologi
a) Membantu dan mengenalkan aplikasi AKM kepada bapak dan ibu guru
sebagai asessmen penilaian literasi dan numerasi terhadap siswa. Dengan
pahamnya dalam menggunakan aplikasi AKM ini dapat membantu siswa
untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan dalam literasi dan numerasi
siswa.
b) Membantu dalam pembuatan twibbon yang dimana agar siswa dapat
berpatisipasi dalam suatu kegiatan dan menarik siswa untuk mengiktinya.

8
c) Media belajar vidio animasi kepada siswa/i yang diharapkan dapat membantu
siswa dalam memahami suatu bentuk soal dan menjawabnya dengan
baik/benar.
d) Share link Google Drive yang berisikan vidio dan foto sebagai bahan
pembelajaran atau pengenalan baru pada siswa yang memang sebelumnya
sangat asing dengan meida atau aplikasi tersebut.
3. Membantu Administrasi Sekolah dan Guru
a) Pendataan buku, pelabelan buku, dan penataan buku perpustakan, melihat
kondisi perpustakaan sekolahan ternyata sedikit berantakan, banyak buku-
buku yang tidak tertata rapi dan juga buku-buku tidak dibersihkan. Selain itu,
terdapat banyak buku baru yang diberi oleh pemda yang masih di dalam
kardus. Dan buku-buku tersebut belum didata dan belum dilabeli sehingga
kami dari mahasiswa kampus mengajar membantu sekolah untuk melabeli
buku dan mendata buku. Kemudian, membantu administrasi kantor yang
dimana dokumen yang tidak tersusun rapi dan terdapat papan guru yang
belum diganti, sehingga membuat kami mahasiswa dari kampus mengajar
membantu membersihkan dan merapikan dokumen kantor.
b) Membantu guru dalam mengoreksi hasil ujian siswa, hal ini menjadi
tanggungjawab guru kelas tetapi dikarenakan waktu yang sedikit dan harus
segera diselesaikan, maka guru kelas memberikan tanggungjawab ini kepada
mahasiswa kampus mengajar untuk membantu mengoreksi hasil ujian siswa.
c) Membuat mading sekolah yang diperuntukkan bagi seluruh warga sekolah
terutama pada siswa/i agar mengetahui informasi terkini dan bertujuan untuk
menambah wawasan mereka pada dunia luar.
d) Membantu administrasi pada kantor sekolah, berupa pembaharuan data guru
SD dan juga penataan ulang buku-buku pada kantor yang bertujuan untuk
mempermudah dalam akses pencarian.
4. Membantu Meningkatkan Karakter dan Kompetensi Siswa
a) Kegiatan kedisplinan

9
Kegiatan ini adalah salah satu contoh dari penanaman pendidikan
karakter, yaitu kegiatan kedisplinan yang dimana setiap siswa harus
bertanggungjawab atas dirinya sendiri. Kami dari mahasiswa kampus
mengajar memberikan kegiatan kedisplinan agar siswa nantinya akan
menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan yang baik sejak usia dini.
b) Alat peraga
Setiap mahasiswa kampus mengajar membuat alat peraga sesuai
dengan kebutuhan siswa yang dilihat sesuai dengan karakteristik siswa, serta
berkonsultasi dengan guru kelas alat peraga yang cocok dibutuhkan guru agar
nantinya siswa dapat termotivasi dan bersemangat dalam mengikuti proses
pembelajaran secara berlangsung.
c) Kegiatan program hari jumat
Teman-teman mahasiswa ingin mengadakan kegiatan rutin pada
setiap hari jumat dengan kegiatan yang berbeda-beda seperti : jumat amal,
jumat bergizi, jumat sehat, jumat mengaji, dan jumat kebersihan, yang
nantinya dapat diteruskan oleh bapak dan ibu guru ketika kami sudah
berakhir dalam penugasan kampus mengajar ini. Sehingga kegiatan ini, dapat
dilaksanakan setiap hari jumat dengan kegiatan yang berbeda-beda dalam 1
bulannya
d) Sopan Santun
Strategi mahasiswa dalam meningkatkan karakter yang selanjutnya
adalah menanamkan 5S yaitu salam, sapa, senyum, sopan dan santun.
Apabila terdapat siswa yang slaah dalam bertutur dan bertindak maka
mahasiswa akan memberikn teguran serta memberi tahu mereka dalam
beretika yang baik dan benar.
e) Kegiatan Literasi
Kegiatan literasi bertujuan untuk membentuk karakter siswa. Disini yang
dimaksud dengan literasi tak hanya kemampuan tentang membaca dan menulis

10
saja, melainkan mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses
membaca dan menulis.
f) Memberikan Penghargaan
Dengan memberikan apresiasi pada siswa dengan cara ucapan
selamat, pintar dan cerdas ketika mereka berani maju untuk ke depan
atau sekedar mengutarakan ide yang mereka miliki. Hal ini dapat
membuat mereka termotivasi untuk melakukan hal-hal baru serta
memperkuat jiwa percaya diri pada diri mereka.
C. Analisis Hasil Pelaksanaan Program
1. Mengajar
Analisis hasil pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 3 (KM)
dalam proses mengajar yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KM khususnya
di SD Negeri Wungu 02 telah sesuai dengan ketercapaian tujuan Program
Kampus Mengajar Angkatan 3 baik dari segi penanaman empati dan kepekaan
sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang
ada di sekitarnya dan juga kepada warga sekolah, mengasah keterampilan
berpikir dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa
dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, mengembangkan wawasan
karakter dan soft skills mahasiswa.
Selain itu, rencana kegiatan dan hasil pelaksanaan kegiatan telah selesai
dengan rencana awal yaitu membantu bapak dan ibu guru dalam mengajar di
kelas, pembelajaran literasi dan numerasi, serta memperbaiki karakter siswa.
Kegiatan-kegiatan tersebut sudah dilakukan dengan baik dan memiliki dampak
positif baik bagi guru maupun siswa. Untuk guru dampaknya adalah merasa
terbantu dalam pembelajaran, dan mendapatkan inovasi baru dari kegiatan kami.
Dan untuk siswa dampaknya adalah mendapatkan pembelajaran yang lebih
menarik dan siswa lebih kreatif dan aktif.

11
2. Membantu Adaptasi Teknologi
Analisis hasil pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 3 dalam
membantu adaptasi teknologi baik bagi siswa, guru, dan sekolah. Khususnya di
SD Negeri Wungu 02 telah sesuai dengan ketercapaian tujuan dari Program
Kampus Mengajar Angkatan III yaitu siswa, guru dan sekolah diharapkan melek
teknologi sesuai dengan pembelajaran abad 21 yang semuanya berbasis
teknologi seperti cara menggunakan Laptop/Komputer, menggunakan twibbon
dengan benar, tetapi untuk penggunaan aplikasi AKM sekolah tidak terlaksana
dengan baik karena banyak kendalanya salah satunya yaitu pada saat pengerjaan
terdapat beberapa laptop/pc dari masing-masing mahasiswa kampus mengajar
angkatan 3ini yang error. Selain itu, terkendala oleh sinyal yang terkadang putus-
putus yang mengakibatkan pada pelasaksaan aplikasi AKM mengalami
keterlambatan.
Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman kepada guru dan siswa tentang
pentingnya teknologi pada masa sekarang ini. Dampak dirasakan dengan adanya
penggunaan teknologi pada pembelajaran tatap muka (luring) dapat berlangsung
secara efektif dan efisien.
3. Membantu Administrasi Sekolah dan Guru
Analisis hasil pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan III dalam
membantu administrasi sekolah dan guru khususnya di SD Negeri Wungu 02
telah sesuai dengan ketercapaian tujuan yang diharapkan oleh program kampus
mengajar angkatan III yaitu : Menata, mendata, dan memberi label kode induk
pada buku perpustakaan, merapikan buku perpustakaan serta membantu
administrasi kantor guru.
4. Membantu Meningkatkan Karakter dan Kompetensi Siswa
Analisis hasil pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan III dalam
membantu meningkatkan minat dan kompetensi siswa khususnya di SD Negeri
Wungu telah sesuai dengan ketercapaian tujuan yang diharapkan oleh program
kampus mengajar angkatan III yaitu : kegiatan kedisplinan, alat peraga dan

12
kegiatan program hari jumat.
D. Rekomendasi dan Usulan Perbaikan
Rekomendasi dan usulan perbaikan untuk program kampus mengajar
angkatan selanjutnya, yaitu:
1. Sebelum melaksanakan program, sebaiknya diperlukan rencana dan persiapan
yang matang (baik dari segi kepanitiaan, teknologi, dan administrasi) untuk
keberhasilan program kampus mengajar selanjutnya.
2. Pihak panitia pelaksana sebaiknya lebih tanggap dalam memberikan respon
terhadap kendala yang dialami oleh mahasiswa dan pemberian informasi.

13
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Program Kampus Mengajar Angkatan 3 merupakan salah satu bentuk pelaksanaan
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berupa asistensi mengajar untuk
memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar
(SD) berbagai Desa / Kota di seluruh Indonesia terutama di daerah 3T. Selain itu,
program tersebut dilakukan guna untuk meningkatkan kompetensi baik soft skill
maupun hard skill agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman sebagai
pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian baik.
Tujuan dari kegiatan kampus mengajar angkatan 3 ini sudah tercapai dengan baik.
Terutama dari warga sekolah maupun dari wali murid. Mereka sangat terbantu dengan
adanya program kampus mengajar ini. Mulai dari kegiatan mengajar, membantu
adaptasi teknologi, membantu administrasi sekolah dan guru, dan membantu
meningkatkan minat dan keterampilan siswa. Selain itu, mahasiswa juga
mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan pelajaran yang banyak dan
melakukan hal-hal yang belum pernah kami lakukan sebelumnya.
B. SARAN
Meskipun penulis menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan laporan akhir
ini, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak kekurangan yang perlu penulis
perbaiki. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat
diharapkan sebagai bahan evaluasi untuk kedepannya. Selain itu, bagi pihak pelaksana
diperlukan rencana dan persiapan yang matang baik dari segi kepanitiaan, teknologi,
dan administrasi guna mencapai keberhasilan program kampus mengajar yang akan
dilaksanakan di periode selanjutnya.

14
DAFTAR PUSTAKA

Iriawan, Sandi Budi, Asep Saefudin. (2021). Buku Saku Utama Aktifitas Mahasiswa Program
Kampus Mengajar 2021. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2020). Buku Pegangan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 2021.
Jakarta: Kemendikbud.

15

LAMPIRAN

PERENCANAAN DAN REALISASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3
SDN WUNGU 02 KABUPATEN MADIUN


No
Rencana
kegiatan
Minggu
1
(28
Feb-
5
Mar)
2 (7
Mar-
12
Mar)
3
(14
Mar-
19
Mar)
4
(21
Mar-
26
Mar)
5
(28
Mar-
2
Apr)
6 (4
Apr-
9
Apr)
7
(11
Apr-
16
Apr)
8
(18
Apr-
23
Apr)
9
(25
Apr-
30
Apr)
10
(2
Mei-
7
Mei)
11
(9
Mei-
14
Mei)
12
(16
Mei-
21
Mei)
13
(23
Mei-
28
Mei)
14
(30
Mei-
4
Jun)
15
(6
Jun-
11
Jun)
16
(13
Jun-
18
Jun)
17
(20
Jun-
25
Jun)
18
(27
Jun-
30
Jun)
1 Penyerahan
msahasiswa oleh
dinas ke sekolah


2 Penyerahan
mahasiswa oleh
DPL ke sekolah
sasaran


3 Observasi
kondisi sekolah,
sarpras, siswa
dan administrasi


4 Perkenalan
teknologi


5 Administrasi
(pengoptimalan
perpustakaan)

16
6 Administrasi
(penataan
profil/buku/guru)


7 Administrasi
(membantu
mengoreksi)


8 Membantu
pembelajaran


9 Pelaksanaan
AKM


10 Literasi


11 Numerasi


12 Mading


13 Media
pembelajaran


14 Kegiatan post
test AKM


15
Alat peraga
16
Jum'at bersih
17
Jum'at sehat
18 Jum'at makan
bergizi
19
Jum'at mengaji
20
Kegiatan amal
21 Kegiatan
kedisiplinan
22 Kegiatan editing
video
23 Pendidikan
karakter
24 Kegiatan
Classmeeting
25 Kegiatan Pondok
Ramadhan

17

KEGIATAN MINGGUAN

Minggu ke - 1
• Senin,28 Februari2022
Libur nasional peringatan hari besar umat islam “Isra Miraj”.
• Selasa,1 Maret2022
Penyerahan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan3 Tahun 2022 oleh dinas pendidikan kabupaten madiun ke sekolah sasaran
secara virtual melalui zoom.
• Rabu,2 Maret2022
Penyerahan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 oleh dosen pembimbing lapangan kepada sekolah sasaran(SD
Negeri Wungu 02).
• Kamis,3 Maret2022
Libur nasional peringatan hari raya umat hindu“Hari Raya Nyepi”.
• Jumat,4 Maret2022
Membantu guru mengajar pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup dikelas IV pada sesi 1
• Sabtu,5 Maret 2022
Membantu guru mengajar siswa kelas lV sesi 1 pelajaran seni budaya.
Minggu ke - 2
• Senin, 7 Maret 2022

18
Membantu guru mengajar anak kelas 2 di SD Negeri Wungu 02 dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia buku Tema 2.7 serta
membahas soal-soal.
• Selasa, 8 Maret 2022
Kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membantu guru mengajar kelas 2 dengan mengerjakan tema 2.7 bagian isian.
Serta membahas bersama.
• Rabu , 9 Maret 2022
Membantu guru mengajar kelas 2 dengan mata pelajaran bahasa jawa dan pendidikan agama islam serta pembahasan soal-soal
UTS.
• Kamis, 10 Maret 2022
kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membantu guru mengajar siswa kelas 2 SD N Wungu 02 dengan mengerjakan
latian soal tema 5.2.
• Jum’at, 11 Maret 2022
Pada hari ini kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 mendampingi anak-anak kelas 2 dan 3 dengan mata pelajaran
Penjas. Kami melakukan kegiatan jalan santai dan juga lari mengelilingi lapangan yang berada di belakang SD.
• Sabtu, 12 Maret 2022
Membuat media pembelajaran pola bilangan loncat untuk kelas 2.
Minggu ke - 3
• Senin, 14 Maret 2022
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 membantu guru SD Negeri Wungu 02 untuk mengawasi siswa
yang sedang melaksanakan Ulangan Tengah Semester pendidikan agama islam.
• Selasa, 15 Maret 2022

19
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 membantu guru SD Negeri Wungu 02 untuk mengawasi siswa
yang sedang melaksanakan Ulangan Tengah Semester Tema 5.1
• Rabu , 16 Maret 2022
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 membantu guru SD Negeri Wungu 02 untuk mengawasi siswa
yang sedang melaksanakan Ulangan Tengah Semester Tema 6.1
• Kamis, 17 Maret 2022
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 membantu guru SD Negeri Wungu 02 untuk mengawasi siswa
yang sedang melaksanakan Ulangan Tengah Semester Pendidikan Lingkungan Hidup.
• Jum’at, 18 Maret 2022
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 membantu guru SD Negeri Wungu 02 untuk mendampingi siswa
dalam melaksanakan pelajaran Penjas dengan berkeliling lapangan.
• Sabtu, 19 Maret 2022 : membuat media pembelajaran alat peraga mata pelajaran matematika untuk kelas 2.
Minggu ke - 4
• Senin, 21 Maret 2022
Membantu guru mengajar anak kelas 2 di SD Negeri Wungu 02 dengan mengerjakan buku Tema 2.7
• Selasa, 22 Maret 2022
Kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membantu guru mengajar kelas 2 dengan mengerjakan tema 2.7 bagian isian.
Serta membahas bersama.
• Rabu , 23 Maret 2022
Membantu guru SD Negeri Wungu 02 mendampingi para siswa dalam mengerjakan soal tema 2.7
• Kamis, 24 Maret 2022

20
kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membantu guru SD Negeri Wungu 02 mendampingi para siswa dalam
mengerjakan soal
• Jum’at, 25 Maret 2022
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 membantu guru SD Negeri Wungu 02 mendampingi para siswa
pada pelajaran Penjas yaitu dengan melakukan aktivitas out bond(Forest Park Dungus)
• Sabtu, 26 Maret 2022
Mendiskusikan program AKM yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2022
Minggu ke - 5
• Senin, 28 Maret 2022
Membantu guru mengajar anak kelas 2 di SD Negeri Wungu 02 dengan mengerjakan buku Tema 2.7
• Selasa, 29 Maret 2022
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 melaksanakan program AKM, yang dimulai dengan membagikan
ussername serta absen siswa.
• Rabu , 30 Maret 2022
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 melaksanakan AKM kloter ke 2 yang di mulai dengan absen dan
memberikan ussername serta password.
• Kamis, 31 Maret 2022
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 mendampingi siswa untuk mengerjakan soal tema 2.7
• Jum’at, 1 April 2022
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 serta bapak ibu guru mendampingi siswa untuk melakukan senam
pagi bersama-sama.
• Sabtu, 2 April 2022 :

21
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 bersama siswa dan bapak/ibu guru berkumpul dilapangan untuk
menyampaikan salam perpisahan kepada pak Budi(pensiun) dan bu Nanik(menjabat Kepala Sekolah).
Minggu ke - 6
• Senin, 4 April 2022
Tidak ada kegiatan di sekolah SD N Wungu 02.
• Selasa, 5 April2022
Pada hari ini kami mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3 membuat daftar nama dan materi untuk persiapan Pondok
Romadhon.
• Rabu , 6 April 2022
Pada tanggal 6 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membantu bapak/ibu guru mngajar kelas 2 SD Negeri
Wungu 02 dengan mendampingi para siswa membaca buku-buku yang ada diperpustakaan dengan tujuan memberikan
pengalaman dan literasi lebih banayak pada para siswa.
• Kamis, 7 April2022
Pada tanggal 7 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membantu bapak/ibu guru SD Negeri Wungu 02
dengan mendampingi para siswa melaksanakan kegiatan pondok romadhon dengan agenda yang telah di tentukan. Kegiatan
awal merupakan absen dan amal.
• Jum’at, 8 April 2022
Pada tanggal 8 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membantu bapak/ibu guru SD Negeri Wungu 02
dengan mendampingi para siswa melaksanakan kegiatan pondok romadhon dengan agenda yang telah di tentukan. Kegiatan
awal merupakan berdoa, absen dan amal.
• Sabtu, 9 April 2022 :

22
Pada tanggal 9 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membantu bapak/ibu guru SD Negeri Wungu 02
dengan mendampingi para siswa melaksanakan kegiatan pondok romadhon dengan agenda yang telah di tentukan. Kegiatan
awal merupakan berdoa, absen dan amal.
Minggu ke - 7
• Senin, 11 April 2022 :
Pada tanggal 11 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 melakukan beberapa agenda yang pertama yaitu
kedisiplinan terhadap siswa(pengecekan kelengkapan dasi,sabuk, dan juga keterlambatan pada siswa.
• Selasa, 12 April 2022
Pada tanggal 12 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membantu perbaikan pada administrasi kantor SD
Negeri Wungu 02 bersama dengan rekan-rekan yang lain.
• Rabu , 13 April 2022
Pada tanggal 13 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membantu memperbaiki administrasi kantor. Pada
hari ini kami melakukan full perbaikan administrasi
• Kamis, 14 April2022
Pada tanggal 14 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membantu bapak/ibu guru
mendampingi para siswa dalam membahas Tema
• Jum’at, 15 April 2022
Pada tanggal 15 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 melakukan diskusi mengenai
isi,design ataupun kelengkapan dari mading bersama dengan rekan-rekan yang lain.
• Sabtu, 16 April 2022 :

23
Pada tanggal 16 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membagi,berdiskusi, dan
penambahan materi mading sekolah yang dikonsepkan untuk menarik minat baca para siswa sehingga akan menambah
pengetahuan mereka
Minggu ke - 8
• Senin, 18 April 2022 :
Pada tanggal 18 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membantu bapak/ibu guru
dalam mendampingi para siswa kelas 4 untuk mengerjakan,membahas dan berdiskusi mengenai pelajaran Bahasa Jawa secara
bersama-sama.
• Selasa, 19 April 2022
Pada tanggal 19 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membantu bapak/ibu guru
dalam mendampingi para siswa kelas 4 untuk membahas tema yang sebelumnya telah dikerjakan sebagai pekerjaan rumah.
• Rabu , 20 April 2022
Pada tanggal 20 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 melaksanakan administrasi
sekolah yaitu beruppa menata dan membersihkan perpustakaan sekolah secara bertahap.
• Kamis, 21 April2022
Pada tanggal 14 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membantu bapak/ibu guru
mendampingi para siswa dalam membahas Tema
• Jum’at, 22 April 2022
Pada tanggal 21 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 memperingati hari kartini
dengan cara membuat puisi secara individu.
• Sabtu, 23 April 2022 :

24
Pada tanggal 23 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 melaksanakan administrasi
sekolah yaitu berupa mengindukkan buku perpustakaan sekolah dan menatanya kembali dengan rapi.

Minggu ke - 9
• Senin, 25 April 2022 :
Pada tanggal 25 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membantu guru mendampingi
siswa kelas 4 dengan mata pelajaran Tema pembahasan PPKn
• Selasa, 26 April 2022
Pada tanggal 26 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membantu dalam melakukan
pengindukkan buku perpustakaan sekolah.
• Rabu , 27 April 2022
Pada tanggal 27 April 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membantu dalam melakukan
pengindukkan buku perpustakaan sekolah
• Kamis, 28 April2022
Membuat alat peraga berupa pengenalan alat-alat musik tradisional yang akan digunakan pada kelas ll. Untuk pengenalan alat-
alat musik tradisional tersebut siswa diminta untuk mengamati dan memahami gambar yang akan di tempel di depan kelas. Di
sebelah gambar akan dicantumkan deskripsi singkat mengenai asal daerah dan asal mula nama alat musik. Selanjutnya dengan
cara membaca secara seksama mengenai deskripsi singkat maka siswa diharapkan dapat memahami dengan jelas macam-macam
alat musik tradisional.
• Jum’at, 29 April 2022

25
Pada hari Jumat tanggal 29 April 2022, jam 07.30 - 12.00 membuat alat peraga untuk kelas 1. Agenda kegiatannya diawali
dengan mengumpulkan ide - ide alat peraga apa yang akan dibuat. Setelah ide - ide alat peraga tersebut terkumpul, memilih satu
alat peraga yang akan dibuat. Di sini mahasiswa KM3 memutuskan untuk membuat alat peraga yang bernama "Kartu Domino
Penjumlahan dan Pengurangan". Setelah itu, menyiapkan alat dan bahan yang digunakan seperti kertas hvs, kertas buffalo,
gunting, dan lem. Setelah menyiapkan alat dan bahan, membuat desain kartu domino di laptop.
• Sabtu, 30 April 2022 :
Hari Sabtu tanggal 30 April 2022, pada jam 07.30 - 08.00 video call dengan ibu DPL.
Minggu ke - 10
• Senin, 2 Mei 2022
Tanggal 2 Mei 2020 tidak ada kegiatan belajar mengajar ( cuti bersama
• Selasa, 3 Mei 2022
Tanggal 3 Mei 2020 tidak ada kegiatan belajar mengajar (cuti bersama)
• Rabu, 4 Mei 2022
Agenda pada hari Rabu,4 Mei 2022 pada pukul 08.00-12.00 WIB ini diawali dengan pengumpulan ide untuk pembuatan alat
peraga pembelajaran,kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 memutuskan untuk membuat Jam untuk membantu dalam
pembelajaran .Setelah itu, menyiapkan alat dan bahan yang digunakan seperti kertas hvs, kardus, gunting, dan lem. Setelah
menyiapkan alat dan bahan, membuat desain Jam di laptop.
• Kamis, 5 Mei 2022
Agenda hari Kamis tanggal 5 Mei 2022,pada jam 08.00 - 12.00 WIB Membuat alat peraga yaitu “JAM DINDING". Kegiatannya
dimulai dengan mengeprint desain Jam dinding yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, menggunting serta menempelkan
desain yang sudah diprint.Alat peraga yang dibuat ini yaitu “JAM DINDING” memiliki fungsi agar siswa dapat melihat dan

26
mengartikan jam/pukul berapa pada jam yang ada di rumah maupun di sekolah , pada jam ini memiliki desain untuk menunjukkan
jam dan menunjukkan menit.
• Jum’at, 6 Mei 2022
Agenda kegiatan yang dilakukan pada hari Jum'at 6 Mei 2022 adalah membuat alat peraga untuk kelas V. Pembuatan alat peraga
diawali dengan pengumpulan ide dan konsep yang dilakukan pada pukul 08.00-10.00 WIB. Alat peraga yang akan dibuat kali
ini adalah wayang rantai makanan untuk membantu proses pembelajaran IPA di kelas.
• Sabtu, 7 Mei 2022 :
Pada hari Sabtu, 7 Mei 2022 pukul 08.00-10.00 WIB, kegiatan yang dilakukan adalah melanjutkan proses pembuatan alat peraga
untuk kelas V. Tahapan yang dilakukan selanjutnya diantaranya adalah memotong gambar sesuai pola, menempelkan gambar
ke kardus, hingga membentuk kardus menjadi potongan sesuai bentuk pola yang ada.
Minggu ke - 11
• Senin, 9 Mei 2022
Pada tanggal 9 Mei 2022 Awal tatap muka, kami melakukan halal bihalal dengan guru,staf serta siswa SDN Wungu 02
• Selasa, 10 Mei 2022
Pada tanggal 10 Mei 2022 pada jam pertama kami mendampingi siswa kelas 5 dalam melakukan olah raga dilapangan yang
berada dibelakang SDN Wungu 02
• Rabu , 11 Mei 2022
Pada tanggal 11 Mei 2022 pada jam pertama kami mendampingi siswa kelas 1 dalam mata pelajaran matematika
• Kamis, 12 Mei 2022
Pada tanggal 11 Mei 2022 pada jam pertama kami mendampingi siswa kelas 4 dalam mata pelajaran olah raga. Kami melakukan
olahraga dilapangan dengan tema voli.
• Jum’at, 13 Mei 2022

27
Pada tanggal 13 Mei 2022 pada awal pembelajaran kami melakukan kegiatan Jum’at mengaji
• Sabtu, 14 Mei 2022 :
Pada hari Sabtu, Pada tanggal 14 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membuat media pembelajaran Literasi
(Pohon Cita-Cita) untuk kelas 2 SD Negeri Wungu 02
Minggu ke - 12
• Senin, 16 Mei 2022
Hari Senin tanggal 16 Mei 2022 tidak ada KBM di SD Negeri Wungu 02 dikarenakan libur nasional. Karena tidak ada KBM,
kami melakukan diskusi terkait program kerja melalui google meet.
• Selasa, 17 Mei 2022
Hari Selasa tanggal 17 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mngajar 03 mendampingi siswa kelas 4 dalam melaksanakan olahraga
dilapangan.
• Rabu , 18 Mei 2022
Hari rabu tanggal 18 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mngajar 03 mendampingi siswa kelas 5 dalam mengerjakan dan
membahas tugas tema.
• Kamis, 19 Mei 2022
Hari kamis tanggal 19 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mngajar 03 mendampingi siswa kelas 3 dalam melaksanakan
numerisasi pada soal yang telah disediakan
• Jum’at, 20 Mei 2022
Hari jumat tanggal 20 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mngajar 03 mendampingi siswa kelas 2 dan 3 dalam melaksanakan
olahraga dilapangan dan di awali dengan pemanasan
• Sabtu, 21 Mei 2022 :

28
Pada tanggal 21 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 membuat media pembelajaran pancasila yang mana
nanti akan ditempel pada dindidng kelas untuk dipelajari dan dipahami oleh siswa.
Minggu ke – 13
• Senin, 23 Mei 2022 :
Pada tanggal 23 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 melakukan penerapan kedisiplinan pada siswa SDN
Wungu 02 yang dilaksanakan pada setiap hari Senin pagi.
• Selasa, 23 Mei 2022
Pada tanggal 24 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 mendampingi siswa kelas 2 SDN Wungu 02 mata
pelajaran tema.
• Rabu , 25 Mei 2022
Pada tanggal 25 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 mendampingi siswa kelas 1 SDN Wungu 02 mata
pelajaran olahraga yang dilaksanakan dilapangan diawali dengan berbaris rapi dan pemanasan
• Kamis, 26 Mei 2020
Pada tanggal 26 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 mendesain atau memperbaharui
isi daripada mading sekolah yang bertujuan untuk menambah wawasan para siswa.
• Jum’at, 27 Mei 2022
Pada tanggal 27 Mei 2022 pada jam pertama kami mendampingi siswa kelas 2 dalam mata pelajaran tema. Pelajaran diawali
dengan berdoa, dan pengecekan kedisplinan.
• Sabtu, 28 Mei 2022 :
Pada tanggal 28 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 melakukan adaptasi teknologi
pada siswa kelas 3. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan para siswa untuk mmenunjang masa depan diera 4.0

29
Minggu ke - 14
• Senin, 30 Mei 2022 :
Pada tanggal 30 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 melakukan kegiatan kedisiplinan
sebelum pelajaran dimulai. Pada kegiatan ini, bertujuan agar para siswa menaati tata tertib yang berlaku pada sekolah.
• Selasa, 31 Mei 2022
Pada tanggal 31 Mei 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 mendampingi siswa kelas 5
dalam melaksanakan kegiatan olah raga dilapangan belakang sekolah. Kegiatan diawali dengan pemanasan dan berjalan dengan
baik.
• Rabu , 1 Juni 2022
Pada tanggal 1 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 tidak melaksanakan kegiatan
belajar mengajar atau memperingati Hari Pancasila pada tanggal 1 Juni 2022. Seiring dengan hal tersebut, maka kami mengisi
kegiatan dengan membuat twibbon yang selanjutnya akan kami share pada grup sekolah dan juga peserta didik.
• Kamis, 2 Juni 2020
Pada tanggal 2 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 mendampingi siswa kelas 3 dalam
pelajaran Numerisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemhaman siswa dalam hal mata pelajaran matematika
• Jum’at, 3 Juni 2022
Pada tanggal 3 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 mendampingi siswa kelas 2 dalam
mata pelajaran matematika pada buku paket. Disini siswa diminta untuk mengerjakan dan maju satu-satu untuk menulis hasil
pekerjaannya pada papan tulis.
• Sabtu, 4 Juni 2022 :
Pada tanggal 4Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 mendampingi siswa dalam
melakukan senam pagi .

30
Minggu ke - 15
• Senin, 6 Juni 2022 :
Pada tanggal 6Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 mengawasi siswa dalam
melakukan pekan PAT. Disini saya kebagian kelas 5 yang kebetulan memiliki jadwal pada jam pertama yaitu Pendidikan Agama
dan kedua yaitu Matematika.
• Selasa, 7 Juni 2022
Pada tanggal 7 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membahas perencanaan dan
pelaksanaan AKM ke-2 yang akan dilaksanakan pada hari senin. Dengan menerapkan pada siswa kelas 5
• Rabu , 8 Juni 2022
Pada tanggal 8 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 mengawasi siswa kelas 2 dalam
melaksanakan PAT dengan mata pelajaran tema 6.1 dan 6.2
• Kamis, 9 Juni 2020
Pada tanggal 9 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 melakukan pembahasan mengenai
persiapan AKM kelas 5 yaang akan dilaksanakan pada hari senin.
• Jum’at, 10 Juni 2022.
• Sabtu, 11 Juni 2022 :
Pada tanggal 11 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 mengawasi siswa kelas 2 yang
sedang melaksanakan PAT mata pelajaran tema 8 yang berjalan dengan tertib dan mondusif.
Minggu ke - 16
• Senin, 13 Juni 2022 :

31
Pada tanggal 13 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 mendampingi para siswa kelas
1-5 untuk berkumpil dilapangan dan mengucapkan selamat tinggal kepada siswa kelas 6 yang akan melanjutkan studynya ke
jenjang SMP.
• Selasa, 14 Juni 2022
Pada tanggal 14 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 melakukan rapat unuk
melaksakan proses AKM agar berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala apapun.

• Rabu , 15 Juni 2022
Pada tanggal 15 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 mendampingi siswa kelas
melaksanakan olah raga di lapangan sekolah.Jam 09.00-11.00 : Menginstal aplikasi AKM yang akan kami gunakan pada hari
senin depan
• Jum’at, 17 Juni 2022
Pada tanggal 17 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membahas soal class meeting
yanga akan dilaksanakan pada tanggal 21-22 juni 2022 pada siswa kelas 1-5.
• Sabtu, 18 Juni 2022 :
Pada tanggal 18 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membuat rowndown class
meeting agar pada saat acara berjalan dengan lancar dan baik. Pada acara class meeting diupayakan terlaksana dengn meriah,
kondusif dan dapat membuat para siswa fresh setelah melaksanakan ujian akhir.
Minggu ke – 17
• Senin, 20 Juni 2022 :

32
Pada tanggal 20 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membuat poster yang akn
digunakan untuk class meeting pada hari selasa. Hal ini berguna untuk memberitahu para siswa mengenai adanya lomba yang
diadakan mahasiswa kampus mengajar angkatan 3.
• Jam Selasa, 21 Juni 2022
Pada tanggal 21 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 melaksanakankegiatan
classmeeting dari kelas 1-5 diawali dengan perlombaan memasukan paku dalam botol,estafet karet dan balap kelereng
• Rabu , 22 Juni 2022
Pada tanggal 22 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 melaksanakan kegiatan olahraga
dilapangan sekolah yang diawali dengan pemanasan.
• Kamis, 23 Juni 2020
Pada tanggal 23 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 untuk membuat teks persiapan
pensi pearikan kampus mengajar angkatan 3 kepada pihak sekolah yang didampingi oleh ibu dosen pembimbing lapangan.
• Jum’at, 24 Juni 2022
Pada tanggal 24 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 melaksanakan upacara penarikan
mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 bersama dengan kepsek, guru pamong, dpl dan juga para siswa siswi SDN WUNGU
02.
• Sabtu, 25 Juni 2022 :
Pada tanggal 25 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 menepel hasil media
pembelajaran pada kelas 2 yang selanjutnya dapat digunakan untuk bahan pembelajaran.
Minggu ke - 18
• Senin, 27 Juni 2022 :

33
Pada tanggal 27 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membantu administrasi sekolah
yaitu mengedit nomor buku induk yang selanjutnya akan ditempel pada buku baru.
• Jam Selasa, 28 Juni 2022
Pada tanggal 28 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membuat mediapembelajaran
yang akan digunakan untuk kelas 4 yaitu berupa media pembelajaran sains tata surya.
• Rabu , 29 Juni 2022
Pada tanggal 29 Juni 2022 kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 SD Negeri Wungu 02 membuat media pembelajaran
pada kelas 2 yaitu membuat papan pintar pancasila. Media pembelajaran ini bertujuan untuk mengedukasi siswa agar memahami
sila-sila pancasila

34
Hasil Pelaksanaan Program
• Mengajar
Pada program mengajar kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 3
membantu melaksanakan kegiatan mengajar di kelas, memperbaiki karakter
siswa dan penanaman kedisplinan pada diri siswa.
• Membantu Adaptasi Teknologi
Dalam membantu adaptasi teknologi pada siswa/i SD Negeri Wungu 02
kami melaksanakan beberapa kegiatan yang dianataranya: membantu dan
mengenalkan aplikasi AKM kepada bapak dan ibu guru serta siswa/i,
membantu dalam pembuatan twibbon, Media belajar vidio animasi kepada
siswa/i dan Share link Google Drive.
• Membantu Administrasi Sekolah dan Guru
Alam membanu kegiatan administrasi sekolah dan guru, kami melakukan
beberapa hal diantaranya yaitu pendataan buku,membantu guru dalam
mengoreksi hasil ujian siswa, membuat mading sekolah dan membantu
administrasi pada kantor sekolah, berupa pembaharuan data guru SD dan juga
penataan ulang buku-buku pada kantor yang bertujuan untuk mempermudah
dalam akses pencarian.
• Membantu Meningkatkan Karakter dan Kompetensi Siswa
Meningkatkan karakter dan kompetensi siswa sangatlah penting
adanya, oleh itu kami melakukan beberapa hal yaitu kegiatan kedisplinan,alat
peraga,kegiatan program hari jumat,sopan santun,kegiatan Literasi dan
memberikan Penghargaan

35
DOKUMENTASI KEGIATAN
KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 TAHUN 2022
SDN WUNGU 02

1. Penerjunan ke sekolah sasaran (SDN Wungu 02)





2. Observasi sekolah

36

3. Observasi kelas












4. Perencanaan program kegiatan





5. Revisi program kegiatan

37
6. Sharing session dengan dosen pembimbing lapangan





















7. Kegiatan kedisiplinan

38






8. Persiapan AKM






9. Kegiatan pre-test AKM

39
10. Membantu proses pembelajaran

40
11. Game based learning





12. Peningkatan kemampuan literasi

41






13. Peningkatan kemampuan numerasi

42
14. Persiapan kegiatan pondok ramadhan













15. Kegiatan pondok ramadhan

43










16. Forum komunikasi dan koordinasi sekolah sekaligus sharing session





17. Koordinasi program

44
18. Peringatan Hari Kartini









19. Pembuatan alat peraga pembelajaran

45















20. Pembuatan media pembelajaran digital

46
21. Pengadaan mading sekolah










22. Membantu administrasi sekolah

47










23. Membantu administrasi guru

48





24. Membantu adaptasi teknologi









25. Kegiatan mingguan (jum’at mengaji, jum’at amal, jum’at bersih, jum’at sehat)

49















26. Kegiatan post-test AKM

50
27. Kegiatan pembelajaran di luar sekolah






28. Outbond

51
29. Acara perpisahan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 3














30. Pembuatan video Kampus Mengajar Angakatan 3 Tahun 2022 sebagai kenang-
kenangan untuk pihak yang terlibat

52