Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Matematika
Kode
Dokumen
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
MATA KULIAH (MK) KODE Rumpun MK BOBOT (sks) SEMESTERTgl
Penyusunan
Geometri Analitik 4420103042 Mata Kuliah Wajib
Program Studi
T=3P=0ECTS=4.77 4 22
September
2024
OTORISASI Pengembang RPS Koordinator RMK Koordinator Program Studi
....................................... ....................................... Prof. Dr. Raden Sulaiman,
M.Si.
Model
Pembelajaran
Case Study
Capaian
Pembelajaran
(CP)
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK - 1 • Mengembangkan pemikiran matematis yang diawali dari pemahaman tentang aljabar vektor, analisis geometri
linier sampai dengan geometri kuadratik.
CPMK - 2 • Mengaplikasikan geometri linier dan geometri kuadratik dalam pemecahan masalah geometri.
CPMK - 3 • Bertanggung jawab menyelesaikan setiap tugas yang diberikan.
Matrik CPL - CPMK

CPMK
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

CPMK Minggu Ke
12345678910111213141516
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
Deskripsi
Singkat MK
Mengaji bermacam bentuk geometri pada bidang koordinat yaitu tentang kedudukan titik di R1 dan R2, garis di R2, tempat
kedudukan, parabola, ellips, lingkaran, hiperbola, bidang, garis di R3 , dan bola melalui pembelajaran aktif yang melatih
mahasiswa berpikir logis-analitis.
Pustaka Utama :
1.Ian Visman, 1997, Analytical Geometry (Series on University Mathematics). World Scientific Publishing Company
Pendukung :
1.Horatio Nelson Robinson, 2010, Conic Sections and Analytical Geometry: Theoretically and Practically Illustrated. Nabu
Press
2.Chatterjee, 2009. Analytical Geometry: Two and Three Dimensions. Alpha Science International Limited
3.Mittal dan Shanti Narayan ,2005, Analytical Solid Geometry. International Book Distributing Company
4.Thomas Grenfell Vyvyan, 2010, Analytical Geometry for Beginner: Part I. The Straight Line and Circle. Nabu Press

Dosen
Pengampu
Dr. Agung Lukito, M.S.
Rudianto Artiono, S.Pd., M.Si.
Ahmad Wachidul Kohar, S.Pd., M.Pd.
Nina Rinda Prihartiwi, S.Pd., M.Pd.
Mg Ke-
Kemampuan akhir
tiap tahapan
belajar
(Sub-CPMK)
Penilaian
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu]
Materi
Pembelajaran
[ Pustaka ]
Bobot
Penilaian
(%)
Indikator Kriteria & Bentuk Luring
(offline)
Daring (online)
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1
Minggu ke 1
Memahami vektor,
operasi vektor,
koordinat vektor
dan titik, hasil kali
vektor.
1.• Melakukan
operasi
penjumlahan
dan
pengurangan
pada vektor
2.•
Menentukan
koordinat
vektor dan
titik
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi, dan
tanya jawab)
150 menit
Materi: •
Vektor,
Operasi
Vektor,
Koordinat
Vektor dan
Titik, Hasil Kali
Vektor.
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
1%
2
Minggu ke 2
Memahami vektor,
operasi vektor,
koordinat vektor
dan titik, hasil kali
vektor.
1.• Melakukan
operasi
penjumlahan
dan
pengurangan
pada vektor
2.•
Menentukan
koordinat
vektor dan
titik
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi, dan
tanya jawab)
150 menit
Materi: •
Vektor,
Operasi
Vektor,
Koordinat
Vektor dan
Titik, Hasil Kali
Vektor.
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
1%
3
Minggu ke 3
Memahami kurva
dan permukaan.
• Membedakan
antara
persamaan
parameterik,
persaman
implisit dan
persamaan
eksplisit
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi, dan
tanya jawab)
150 menit
Materi: •
Kurva dan
Permukaan.
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
1%
4
Minggu ke 4
Memahami kurva
dan permukaan.
• Membedakan
antara
persamaan
parameterik,
persaman
implisit dan
persamaan
eksplisit
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi, dan
tanya jawab)
150 menit
Materi: •
Kurva dan
Permukaan.
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
1%

5
Minggu ke 5
Memahami
persamaan garis
lurus dan bidang
1.•
Menentukan
persaman
garis di R2
2.•
Menentukan
persamaan
garis di R3
3.•
Menentukan
persamaan
bidang
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi, dan
tanya jawab)
150 menit
Materi: •
Persamaan
garis lurus
dan bidang
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
1%
6
Minggu ke 6
Memahami
persamaan garis
lurus dan bidang
1.•
Menentukan
persaman
garis di R2
2.•
Menentukan
persamaan
garis di R3
3.•
Menentukan
persamaan
bidang
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi, dan
tanya jawab)
150 menit
Materi: •
Persamaan
garis lurus
dan bidang
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
1%
7
Minggu ke 7
Memahami
lingkaran dan
unsur-unsurnya
1.•
Menentukan
persamaan
lingkaran
2.•
Menentukan
persamaan
garis
singgung
pada
lingkaran
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi, dan
tanya jawab)
150 menit
Materi: •
Kurva dan
Permukaan.
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
Materi: •
Persamaan
garis lurus
dan bidang
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
2%
8
Minggu ke 8
UTS Semua indikator
sebelum UTS
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Tes
UTS
100
Materi:
Semua materi
sebelum UTS
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
20%

9
Minggu ke 9
Memahami
lingkaran dan
unsur-unsurnya
1.•
Menentukan
persamaan
garis kutub
pada
lingkaran
2.•
Menentukan
persamaan
garis kuasa
pada
lingkaran
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi,
demonstrasi,
dan tanya
jawab)
150
Materi: •
Lingkaran
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
1%
10
Minggu ke 10
Memahami Bola
dan unsur-unsurnya
1.•
Menentukan
persamaan
bola
2.•
Menentukan
persamaan
bidang
singgung
pada bola
3.•
Menentukan
persamaan
bidang kuasa
pada bola
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi,
demonstrasi,
dan tanya
jawab)
150
Materi: Bola
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
1%
11
Minggu ke 11
Memahami Bola
dan unsur-unsurnya
1.•
Menentukan
persamaan
bola
2.•
Menentukan
persamaan
bidang
singgung
pada bola
3.•
Menentukan
persamaan
bidang kuasa
pada bola
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi,
demonstrasi,
dan tanya
jawab)
150
Materi: Bola
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
1%
12
Minggu ke 12
Memahami Irisan
Kerucut berupa
Parabola dan
Paraboloida serta
unsur-unsurnya
1.•
Menentukan
persamaan
parabola dan
paraboloida
2.•
Menentukan
persamaan
garis
singgung
pada
parabola
3.•
Menentukan
persamaan
bidang
singgung
pada
paraboloida
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif, Praktik
/ Unjuk Kerja
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi,
demonstrasi,
dan tanya
jawab)
150
Materi: •
Parabola dan
Paraboloida
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
10%

13
Minggu ke 13
Memahami Irisan
Kerucut berupa
elips dan elipsoida
serta unsur-
unsurnya
1.•
Menentukan
persamaan
elips dan
elipsoida
2.•
Menentukan
persamaan
garis
singgung
pada elips
3.•
Menentukan
persamaan
bidang
singgung
pada
elipsoida
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif, Praktik
/ Unjuk Kerja
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi,
demonstrasi,
dan tanya
jawab)
150
Materi: •
Parabola dan
Paraboloida
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
10%
14
Minggu ke 14
Memahami Irisan
Kerucut berupa
hiperbola dan
hiperboloida serta
unsur-unsurnya
1.•
Menentukan
persamaan
hiperbola
dan
hiperboloid
2.•
Menentukan
persamaan
garis
singgung
pada
hiperbola
3.•
Menentukan
persamaan
bidang
singgung
pada
hiperboloid
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif, Praktik
/ Unjuk Kerja
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi,
demonstrasi,
dan tanya
jawab)
150
Materi: •
Hiperbola dan
Hiperboloida
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
10%
15
Minggu ke 15
Memahami Irisan
Kerucut berupa
hiperbola dan
hiperboloida serta
unsur-unsurnya
1.•
Menentukan
persamaan
hiperbola
dan
hiperboloid
2.•
Menentukan
persamaan
garis
singgung
pada
hiperbola
3.•
Menentukan
persamaan
bidang
singgung
pada
hiperboloid
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Aktifitas
Partisipasif, Praktik
/ Unjuk Kerja
Pendekatan
Pembelajaran
Kolaboratif
(Ceramah,
diskusi,
demonstrasi,
dan tanya
jawab)
150
Materi: •
Hiperbola dan
Hiperboloida
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
9%
16
Minggu ke 16
UAS Semua indikator
sebelum UAS
Kriteria:
Terlampir
Bentuk Penilaian
:
Tes
UAS
100
Materi:
Semua materi
sebelum UAS
Pustaka: Ian
Visman, 1997,
Analytical
Geometry
(Series on
University
Mathematics).
World
Scientific
Publishing
Company
30%
Rekap Persentase Evaluasi : Case Study
NoEvaluasi Persentase
1.Aktifitas Partisipasif 30.5%
2.Praktik / Unjuk Kerja 19.5%

3.Tes 50%
100%
Catatan
1.Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang
merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang
diperoleh melalui proses pembelajaran.
2.CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi)
yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan
umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
3.CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata
kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
4.Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat
diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat
spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
5.Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur
yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
6.Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam
penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai
agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
7.Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
8.Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik
Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
9.Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning,
Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg
setara.
10.Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan
sub-pokok bahasan.
11.Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional
dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
12.TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.
File PDF ini digenerate pada tanggal 22 September 2024 Jam 03:00 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa