YAYASAN WAHANA BHAKTI KARYA HUSADA
STIKes RSPAD GATOT SOEBROTO















LAPORAN EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KERJA
DAN ANGGARAN STIKes RSPAD GATOT SOEBROTO T.A 202 2-2023









JAKARTA
2023

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1. Umum .................................................................................. 2
2. Maksud dan Tujuan ............................................................ 2
3. Ruang Lingkup dan Tata Urut ................................................. 3
4. Dasar ................................................................................. 3
BAB II VISI, MISI, KEBIJAKAN DAN SASARAN
5. Visi dan Misi ...................................................................... 5
6. Kebijakan ..................................................................... 5
BAB III PENCAPAIAN SASARAN
7. Pencapaian Dan Sasaran beberapa Bidang
Bidang Akademik ...........................................................10
Bidang Personil ...........................................................27
Bidang Anggaran dan Logistik .....................................28
Bidang Sarana dan Prasarana .....................................28
Bidang Kemahasiswaan ................................................29
Bidang Konseling ...........................................................30
Bidang Unit Pusat Karier ................................................30
Bidang Penelitian ...........................................................38
Bidang Pengabdian Masyarakat .....................................40
Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI) ..........................41
BAB IV PERMASALAHAN DAN TINDAK LANJUT
8. Permasalahana .....................................................................43
9. Tindak Lanjut .....................................................................43
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
10. Kesimpulan .....................................................................44
11. Saran ................................................................................44
BAB VI PENUTUP ................................................................................44
LAMPIRAN-LAMPIRAN

LAPORAN EVALUASI PELAKSANAAN KERJA DAN ANGGARAN
STIKes RSPAD GATOT SOEBROTO TA 202 2-2023

BAB I
PEDAHULUAN

1. Umum
a. Program Kerja STIKes RSPAD Gatot Soebroto TA. 2022-2023
dimulai dari tanggal 01 September 2022 dan berakhir pada tanggal 31
Agustus 2023, merupakan bagian dari program kerja dan anggaran
TA. 2022-2023.
b. Program Kerja STIKes RSPAD Gatot Soebroto TA. 2022-2023,
disusun dengan realistis, mempertajam prioritas sasaran dan
meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran serta merencanakan agar
kegiatan dapat selesai pada tahun anggaran berjalan.
c. Evaluasi program kerja STIKes RSPAD Gatot Soebroto
T.A 2022-2023 merupakan suatu upaya untuk mengetahui tingkat
keberhasilan program yang telah direncanakan sehingga program tersebut
dapat dilanjutkan atau perlu adanya revisi atau bahkan dihentikan.
d. Pembuatan laporan evaluasi program kerja STIKes RSPAD Gatot
Soebroto T.A 2022-2023 merupakan bentuk pertanggung jawaban atas
rencana yang telah dibuat dan dilaksanakan.

2. Maksud dan Tujuan
a. Maksud. Memberikan gambaran kepada pimpinan dan
penyelenggara pendidikan tentang pelaksanaan program kerja STIKes
RSPAD Gatot Soebroto TA. 2022-2023.
b. Tujuan. Sebagai monitoring dan evaluasi dari kegiatan yang
telah dilaksanakan pada T.A. 2022-2023 di STIKes RSPAD Gatot
Soebroto dan sebagai acuan rencana program kerja di T.A 2023-2024.

3. Ruang Lingkup dan Tata Urut
a. Ruang Lingkup. Laporan evaluasi ini menjelaskan tentang
pelaksanaan program kerja STIKes RSPAD Gatot Soebroto
TA. 2022-2023.
b. Tata Urut. Laporan evaluasi ini disusun dengan tata urut sebagai
berikut :
1) Pendahuluan.
2) Visi, Misi dan Kebijakan
3) Pelaksanaan Kegiatan.
4) Penutup

4. Dasar.
a. Undang– Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012
tentang Pendidikan Tinggi.
b. Keputusan Presiden Nomor 12 tahun 2020 tentang Penetapan
Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)
sebagai bencana Nasional.
c. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
d. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
e. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran
Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin
Perguruan Tinggi Swasta.
f. Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik
Indonesia nomor 769/M/2020 tentang ijin penggabungan Akademi
Keperawatan RSPAD Gatot Soebroto dan Akademi Kebidanan RSPAD
Gatot Soebroto di Jakarta menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RSPAD
Gatot Soebroto di Jakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Wahana
Bhakti Karya Husada.

g. Statuta STIKES RSPAD Gatot Soebroto
h. Rencana Induk Pengembangan STIKes RSPAD Gatot Soebroto
2020-2023
j. Rencana Strategis STIKes RSPAD Gatot Soebroto 2020-2025

BAB II
VISI, MISI ,KEBIJAKAN DAN SASARAN

5. Visi Dan Misi :
a. STIKes RSPAD Gatot Soebroto mempunyai Visi dan Misi yang
dapat dijadikan pedoman dalam melakukan Rencana Kerja dan Anggaran,
yaitu :
1) Visi. Menjadi Perguruan Tinggi Kesehatan yang
Profesional dan Unggul dalam Kesehatan Matra pada Tahun 2030
2) Misi.
a) Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang
relevan dengan Kesehatan Matra dalam menghasilkan
lulusan berkualitas.
b) Menyelenggarakan Tata Kelola Pendidikan yang Efektif,
Efisien, Transparan dan Akuntabel.
c) Meningkatkan kontribusi Institusi dalam penyelesaian
masalah Kesehatan yang berdampak pada
kesejahteraan masyarakat.
d) Menyelenggarakan Kerjasama dengan berbagai
Institusi Nasional dan Internasional dalam pelaksanaan
Tri Dharma Perguruan Tinggi.

6. Kebijakan. Untuk mencapai sasaran kegiatan penyelenggaraan
pendidikan di STIKes RSPAD Gatot Soebroto agar mendapatkan hasil yang
optimal untukdijadikan pedoman berpedoman pada penajaman skala prioritas
sasaran dengan tetap mengacu pada kebijakan .

a. Penyelenggaraan Pendidikan
1). Berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan dalam perizinan penyelenggaraan pendidikan
dan pelaksanaan uji kompetensi melalui Lembaga Layanan
Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta (LLDIKT) dan
Oganisasi Profesi ( PPNI dan IBI)

2). Berkoordinasi dengan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan
Tinggi dan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi
Kesehatan dalam pelaksanaan akreditasi baik akreditasi
Institusi maupun akreditasi Program Study.
3). Berkoordinasi dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi
Keperawatan Indonesia (AIViKI), Asosiasi Pendidikan
Kebidanan Indonesia (AIPKIND), Asosiasi Pendidikan Ners
Indonesia (AIPNI) dalam pelaksanaan pengembangan
kurikulum dan pelaksanaan Try Out Uji Kompetenasi sebagai
persiapan pelaksanaan uji kompetensi lulusan D III
Keperawatan dan D III Kebidanan.
4). Berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta
dalam hal ini Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi pada
pelaksanaan pegajuan Surat Tanda Registrasi.

b. Bidang Akademik
1). Membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi proses
pendidikan .
2). Mengadakan koordinasi dengan Asosiasi Institusi Pendidikan
Vokasi Keperawatan Indonesia regional III dan Asosiasi
Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia dalam rangka
penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi .
3). Melakukan koordinasi dengan lahan praktik yang akan
digunakan sesuai dengan capaian pembelajaran dalam
kurikulum.
4). Menentukan Kalender Akademik, Struktur Program untuk
satu tahun akademik dan membuat jadwal kuliah untuk
setiap semester .
5). Membuat rencana kebutuhan alat - alat dan bahan habis
pakai yang mendukung praktik di Laboratorium dalam
menunjang proses pembelajaran.
6). Membuat laporan setiap program kegiatan dan laporan
pelaksanaan pendidikan setiap semester.

c. Unit Penjaminan Mutu Internal
1) Mengevaluasi implementasi kurikulum dengan meningkatkan
sarana prasarana pendukung kegiatan pembelajaran untuk
meningkatkan daya saing institusi dan lulusan.
2) Mewujudkan lulusan 100% dengan IPK rata – rata minimal
3.00.
3) Menerapkan Sistem Informasi Akademik ( SIAKAD).
4) Meningkatkan kualitas sumber – sumber pengembangan
bahan ajar berbasis teknologi.
5) Melakukan evaluasi kegiatan proses pembelajaran setiap
semester susuai standart pada Penjaminan Mutu Internal.

d. Bidang Penelitian
1). Menyiapkan program penelitian dan mengidentifikasi dosen
yang akan melakukan penelitian.
2) Memonitor pelaksanaan penelitian setiap dosen minimal satu
penelitian setiap tahun akademik
3) Melaksanakan koordinasi dengan berbagai pihak dalam
rangka pelaksanaan penelitian dosen di RSPAD Gatot
Soebroto dan tempat pelayanan kesehatan lainnya.
4) Melakukan evaluasi pelaksanaan penelitian dan membuat
laporan pelaksanaan penelitian.

e. Bidang pengabdian masyarakat
1) Membuat perencanaan untuk pelaksanan kegiatan
pengabdian masyarakat.
2) Melakukan koordinasi dengan lahan / institusi yang akan
dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat.
3) Membuat laporan kegiatan pengabdian masyarakat.

f. Bidang Kemahasiswaan dan pusat karier
1) Menyiapkan dosen wali untuk tiap tingkat dan Penasehat
Akademik untuk setiap mahasiswa.

2) Memberdayakan serta meningkatkan pola konseling dalam
rangka mendukung program pendidikan.
3) Melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap
mahasiswa, sehingga dapat dihindari terjadinya pelanggaran
oleh mahasiswa.
4) Membangun suasana kehidupan mahasiswa dikampus yang
berorientasi pada pengembangan diri dan profesi.
5) Melaksanakan kegiatan orientasi pendidikan bagi mahasiswa
baru dalam Program Pengenalan Kehidupan Kampus
Mahasiswa Baru dan Latihan Bela Negara.
6) Mengkoordinir dan mengawasi kegiatan mahasiswa yang
dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).
7) Melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan untuk
menunjang kompetensi mahasiswa dalam pelaksanaan
berorganisasi.
8) Melaksanakan konseling terhadap mahasiswa yang
mengalami permasalahan pada proes pembelajaran.
9) Melaksanakan Tracer Study terhadap lulusan baik prodi
Keperawatan maupun Prodi Kebidanan

g. Bidang penyelenggaraan fungsi organik

1) Bidang Personel

a) Merencanakan proses penerimaan personel sesuai
kebutuhan.
b) Merencanakan pengembangan SDM dalam
meningkatkan pendidikan staf penunjang ke jenjang
S1 dan S2, pendidikan Dosen ke jenjang S3.
c) Merencanakan peningkatan kesejahteraan personel
sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku.
d) Meningkatkan kepedulian personel organik dan
mahasiswa, dalam upaya pengamanan kampus
secara aktif dan preventif.
e) Meningkatkan disiplin dan mencegah penurunan
disiplin personel.

f) Meningkatkan kemampuan personel, staf dosen dan
administrasi melalui pendidikan pelatihan, dan
seminar/simposium.

2) Bidang Anggaran dan Logistik.

a) Membuat rencana anggaran secara cermat, efektif
dan efisien dengan penajaman skala prioritas.
b) Mengendalikan pelaksanaan anggaran agar mencapai
sasaran yang telah ditentukan dengan berhasil guna
secara maksimal.
c) Meningkatkan ketertiban administrasi sesuai dengan
juklak yang berlaku.
d) Mengawasi penggunaan dan pemeliharaan logistik
secara efektif dan efisien
e) Merencanakan kebutuhan material untuk mendukung
kelancaran proses belajar mengajar.
f) Melaksanakan pengawasan dan penghematan dalam
penggunaan fasilitas listrik, telepon dan air.
g) Membuat laporan keuangan sebagai pertanggung
jawaban pelaksanaan program kerja dan anggaran

BAB III
PENCAPAIAN SASARAN

7. Pencapaian dan Sasaran. Pencapaian dan sarana pelaksanaan
kegiatan operasional pendidikan STIKes RSPAD Gatot Soebroto adalah sebagai
berikut:
a. Bidang Akademik
Rencana
1) Menyusun pedoman akademik di STIKes RSPAD Gatot
Soebroto untuk TA 2022-2023 berdasarkan Kurikulum Institusi
D III Keperawatan, Program Pendidikan Ners dan Program
Pendidikan Profesi Bidan yang mengacu pada Kerangka
Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
a) Tujuan. sebagai pedoman dalam proses pembelajaran.
b) Sasaran. Kaprodi, Dosen dan Mahasiswa
c) Realisasi. Pedoman akademik sudah tersusun
sebagai acuan dalam proses pembelajaran pada Prodi D
III Keperawatan, Program Pendidikan Ners dan Program
Pendidikan Profesi Bidan.

2) Melaksanakan pembuatan Rancangan Pembelajaran Semester
(RPS), dari masing-masing mata ajar.
a) Tujuan. Untuk memudahkan proses belajar mengajar,
merinci dengan jelas metode dan media serta waktu
pembelajaran yang akan dilakukan dan merinci waktu
pelaksanaan evaluasi.
b) Sasaran. Dosen
c) Realisasi. RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dari
semua mata kuliah T.A 2022-2023 baik semester ganjil
maupun genap telah tersedia sesuai dengan jumlah mata
kuliah di Prodi DIII Keperawatan, Prodi Sarjana
Keperawatan dan Prodi Sarjana Keperawatan.

3) Mengkoordinir, menyiapkan dosen dan Preceptor untuk
pelaksanaan belajar mengajar
a) Tujuan. Untuk mempermudah proses belajar
b) Sasaran. Dosen
c) Realisasi. Pemenuhan kecukupan Dosen dalam
pembelajaran sudah dapat terlaksana secara optimal
dan sebagian dosen sudah menerapkan metode
pembelajaran dengan Student Centered Learning (SCL),
dan pada semester genap menggunakan metode
Daring/Online dengan aplikasi Google Meet dan Zoom,
hal ini bertujuan agar mahasiswa tetap memperoleh
materi sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah
disusun.

4) Melaksanakan proses pembelajaran dan evaluasi PBM secara
periodik setiap akhir semester pada Prodi DIII Keperawatan,
Prodi SI Keperawatan dan Prodi SI Kebidanan
a) Tujuan. Untuk mengetahui pencapaian keberhasilan
proses belajar mengajar mahasiswa
b) Sasaran. Dosen, BAAK dan mahasiswa
c) Realisasi.
(1) Program Studi D III Keperawatan
Proses belajar mengajar dilaksanakan dengan
berbagai metode pendekatan pembelajaran.
Pembelajaran secara teori dilakukan di kelas
dengan metode ceramah, diskusi, penugasan dan
presentasi. Pembelajaran praktik dilaksanakan di
laboratorium kelas dan laboratorium klinik di
Rumah Sakit. Proses belajar mengajar
menggunakan 16 minggu efektif termasuk untuk
evaluasi, dengan 40 jam pelajaran setiap minggu.

Pelaksanaan proses belajar teori diberikan oleh
dosen baik dari dalam maupun dari luar STIKes
RSPAD Gatot Soebroto sedangkan pembelajaran
praktik dibimbing oleh pembimbing klinik dari
Institusi STIKes RSPAD Gatot Soebroto dan clinical
instruktur dari ruang perawatan RSPAD Gatot
Soebroto.

Tempat pelaksanaan proses belajar mengajar teori
dan praktika (laboratorium kelas) menggunakan
tempat STIKes RSPAD Gatot Soebroto, untuk
praktik laboratorium klinik dan praktik klinik
keperawatan di RSPAD Gatot Soebroto, ,Rumah
Sakit Marzoeki Mahdi Bogor, Wilayah kerja
Puskesmas Kecamatan di Jakarta Pusat.

Mata kuliah yang diberikan pada proses
pembelajaran berdasarkan kirikulum institusi
STIKes RSPAD Gatot Soebroto untuk program D III
Keperawatan yang menginduk pada kurikulum D III
Keperawatan Indonesia tahun 2022 dan pemekaran
mata ajar sesuai Visi dan Misi Prodi D III
Keperawatan STIKes RSPAD Gatot Suoeroto.
Adapun mata kuliah pada TA. 2022-2023 adalah
sebagai berikut :

Semester Ganjil
Tk I semester 1 dengan beban studi : 20 sks
(1) Agama : 2 sks
(2) Kewarganegaraan : 2 sks
(3) Ilmu Biomedik Dasar (berisi kajian fisika,
Anatomi, Fisiologi dan Biokimia) : 5 sks
(4) Metodologi Keperawatan : 2 sks
(5) Gizi dan Diet : 2 sks
(6) Keperawatan Dasar : 5 sks
(7) Konsep Dasar Keperawatan : 2 sks

Tk II semester 3 dengan beban studi : 19 sks
(1) Promosi Kesehatan : 2 sks
(2) Pendidikan Budaya Anti : 2 sks
(3) Etika Keperawatan : 2 sks
(4) Keperawatan Medikal Bedah I : 4 sks
(5) Praktik Klinik Keperawatan Dasar : 3 sks
(6) Komputer : 2 sks
(7) Bahasa Indonesia : 2 sks
(8) Manajemen Patient Safety : 2 sks

Tk III semester 5 dengan beban studi : 17 sks
(1) Keperawatan Gerontik : 2 sks
(2) Kewirausahaan : 2 sks
(3) Keperawatan Medikal Bedah II : 3 sks
(4) Bahasa Inggris II : 2 sks
(5) Prakik Klinik Keperawatan Medikal Bedah II : 4 sks
(6) Riset Keperawatan : 2 sks

Jumlah Mahasiswa semester ganjil
1) TK I : 114 orang
2) TK II : 108 orang
3) TK III : 109 orang

Evaluasi Pendidikan
Evaluasi Pendidikan dilakukan terhadap proses pembelajaran baik secara
formatif dan sumatif, dilaksanakan uji tulis dan uji praktik. Uji tulis dibagi menjadi
dua yaitu Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Pada Semester 3
dilaksanakan evaluasi praktik di lahan praktik untuk mata kuliah Praktik Klinik
Keperawatan dasar. Pada semester V dilaksanakan evaluasi praktik di lahan
praktik yang terdiri dari uji praktik mata kuliah Praktik Klinik Keperawatan
medikal Bedah II sebanyak dua kali meliputi kasus penyakit dalam dan bedah, uji
praktik keperawatan Gerontik dilaksanakan di PSTW Budi Mulia III, PSTW
Margaguna dan PSTW Centek.

Prestasi dalam pendidikan ditentukan pada rapat Yudisium yang diikuti oleh staf
dan Waket I STIKes RSPAD Gatot Soebroto beserta staf dosen yang
diselenggarakan pada tanggal 18 Januari 2023 untuk Tingkat II, dan III, pada
tanggal 2 Februari 2023 untuk tingkat I . Hasil Prestasi yang dicapai oleh
mahasiswa, sebagai berikut :
1. Tingkat I
a. Iva Aulia Salbiah IPS : 3,76
b. Aisyah Lintang Sukma Jati IPS : 3,71
c. Aqila Dwi Pertiwi IPS : 3,66
2. Tingkat II
a. Anggia Pramesti IPS : 3,87
b. Azizahra Hisanur Hanif IPS : 3,75
c Ayu Anita Sari IPS : 3,72
3. Tingkat III
a. Deborah Martomu IPS : 3,81
b. Yuliantika IPS : 3,78
c. Siti Padilah Yulia Utami IPS : 3,78
4. Mahasiswa Tugas Belajar :
a. Tingkat I
1) Muhammad Hariyadi S IPS : 3.68
2) Enggar Renada Airlangga IPS : 3.29
3) Herdiono Purba Ari I IPS : 3.28

b. Tingkat II
1) Atong IPS : 3.58
2) Muhammad Arif R IPS : 3.57
3) Abdullah Assjidik IPS : 3.48

c) Tingkat III
1) Putu Budhi Erawan IPS : 3.37
2) Erlina Wiji Astuti N IPS : 3.30
3) Adi Gunawan IPS : 3.22

Semester Genap
Tk I semester 2 dengan beban studi : 20 SKS
1) Pancasila : 2 SKS
2) Psikologi : 2 SKS
3) Bahasa Inggris Dalam Kep : 2 SKS
4) Dokumentasi keperawatan : 2 SKS
5) Komunikasi : 2 SKS
6) Farmakologi : 3 SKS
7) Antropologi Kesehatan : 2 SKS
8) Keperawatan Dasar Lanjutan*) : 3 SKS
9) Patofisiologi : 2 SKS

Tk II semester 4 dengan beban studi : 18 SKS
1) Praktik Klinik Keperawatan Medikal Bedah I : 4 SKS
2) Keperawatan Anak : 4 SKS
3) Keperawatan Maternitas : 4 SKS
4) Kesehatan Matra Darat : 2 SKS
5) Bahasa Inggris I : 2 SKS
6) Manajemen Keperawatan : 2 SKS

Tk III semester 6 dengan beban studi : 18 SKS
1) Keperawatan Keluarga : 3 SKS
2) Keperwatan Komunitas : 4 SKS

3) Keperawatan Gawat Darurat dan Manajemen
Bencana : 6 SKS
4) Praktik Klinik Keperawatan Jiwa : 2 SKS
5) Karya Tulis Ilmiah : 3 SKS

Jumlah Mahasiswa semester genap
1) TK I : 114 orang
2) TK II : 108 orang
3) TK III : 109 orang

Evaluasi Pendidikan.
Evaluasi pendidikanm dilakukan untuk mengevaluasi proses pembelajaran
secara formatif dan sumatif, dilaksanakan uji tulis dan uji praktik. Uji tulis dibagi
menjadi dua yaitu Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester, sedangkan
ujian praktik dilaksanakan bagi mahasiswa di Laboratorium kelas dan di lahan
praktik disesuaikan mata kuliah masing- masing semsester.

Prestasi dalam Pendidikan ditentukan pada rapat Yudisium yang diikuti oleh
ketua STIKes RSPAD Gatot Soebroto beserta staf Dosen yang diselenggarakan
pada tanggal 3 Agustus 20223 untuk tingkat I, II dan III. Mahasiswa dengan nilai
tertinggi dan berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil dengan nilai tertinggi
dan tidak pernah mengikuti uji ulang pada semua mata ajar yang diujikan pada
semester tersebut.

Hasil Indeks Prestasi yang dicapai oleh mahasiswa pada semester genap
sebagai berikut:
a) Tingkat I
1) Roro Lorens Anjeli IPS : 3,87
2) Aisyah Lintang Sukma D IPS : 3,83
3) Iva Aulia Salbiah IPS : 3,51
b) Tingkat II :
1) Najla Ridha Ulhasani IPS : 3,80
2) Anggia Pramesti IPS : 3,77
3) Ayu Anita Sari IPS : 3,68

c) Tingkat III
1) Debora Martomu Octavia IPS : 3,77
2) Nabila Zahra Kristianto IPS : 3,74
3) Yuliantika IPS : 3,70

d) Mahasiswa Tugas Belajar :
1) Tingkat I
(a) Muhammad Hariyadi S IPS : 3.70
(b) Herdiono Purba Ari I IPS : 3.34
(c) Arif Rahman IPS : 3.30
2) Tingkat 2
(a) Abdulah Sidiq IPS : 3.60
(b) Atong IPS : 3,52
(c) Hari Kusuma IPS : 3,41
3) Tingkat III
(a) Putu Edi Irawan IPS : 3,87
(b) Erlina Wiji Astuti N IPS : 3,64
(c) Asep Irawan IPS : 3,64

Permasalahan.
Tidak ada permasalahan yang mendasar dalam penentuan kekenaikan tingkat.
Karena Dari hasil yudisium seluruh mahasiswa tingkat I dan Tingkat II naik
tingkat ke tingkat II semester 3 dan Tingkat III semester 5,Serta Tingkat III
dinyatakan lulus semua Hanya masih terdapat mahasiawa yang IP semester.
dibawah 3,00 .hal ini perlu menjadi perhatian untuk proses pembelajaran
selanjunya mengingat IPK yang diaharapkan minimal 3,00 .

(c) Prodi S1 Kebidanan
Pelaksanaan Proses belajar mengajar dilaksanakan dengan berbagai metode
pendekatan pembelajaran. Pembelajaran secara teori dilakukan di kelas dengan
metode ceramah, diskusi, penugasan dan presentasi. Pembelajaran praktik
dilaksanakan di laboratorium kelas dan laboratorium klinik di Rumah sakit.
Proses belajar mengajar menggunakan 16 minggu efektif termasuk untuk
evaluasi, dengan 36 jam pelajaran setiap minggu.

Pelaksanaan proses belajar teori diberikan oleh dosen baik dari dalam maupun
dari luar STIKes RSPAD Gatot Soebroto. Untuk praktik oleh pembimbing klinik
dari STIKes RSPAD Gatot Soebroto dan clinical instruktur ruang perawatan
RSPAD Gatot Soebroto , Rumah Bersalin dan Puskesmas.

Tempat. Untuk kelangsungan proses belajar mengajar teori dan praktika
(laboratorium kelas) menggunakan tempat di Laboratorium STIKes RSPAD
Gatot Soebroto.

Mata Kuliah yang dilaksanakan pada Prodi S1 Kebidanan disesuaikan dengan
kurikulum Pendidikan Tinggi sesuai dengan visi dan misi STIKes RSPAD Gatot
Soebroto. Adapun distribusi mata kuliah adalah sebagai berikut :

Semester Ganjil
TK I semester 1 dengan beban studi : 17 SKS
1 MKP 1.1 Pengantar Praktik Kebidanan 3 SKS
2 MKP 1.2 Asuhan Kebidanan 2 SKS
3 MKP 1.3 Anatomi Manusia 3 SKS
4 MKP 1.4 Fisiologi Manusia 3 SKS
5 MKWU 1.5 Pancasila 2 SKS
6 MKWU 1.6 Kewarganegaraan 2 SKS
7 MKWU 1.7 Agama 2 SKS

TK II semester 3 dengan beban studi 24 SKS
1. MKP 3.1 Biologi Reproduksi : 3 SKS
2. MKP 4.2 Asuhan kebidanan Pada Kehamilan : 7 SKS
3. MKP 3.5 Asuhan Kebidanan pranikah
dan pra konsepsi : 3 SKS
4. MKP 3.6 Asuhan Kebidanan pada remaja
dan Perimenopouse : 3 SKS
5. MKP 4.1 Profesional kebidanan : 4 SKS
6. PKKM : 1 SKS

Tingkat III Semester 5 dengan beban Studi 23 SKS
1. MKPI 5.4 Pemantauan Kesejahteraan Janin : 2 SKS
2. MKP 5.1 Asuhan Kebidanan Masa Nifas : 5 SKS
3. MKP 5.3 Asuhan Kebidanan Pada Situasi Krisis : 2 SKS
4. MKP 5.5 Asuhan Pada Bayi ,Balita,Pra Sekolah : 3 SKS
5. MKP 5.6 Perencanaan Keluarga
dan Pelayanan Kontrasepsi : 3 SKS
6. MKP 5.4 Komplikasi Pada Kehamilan, Persalinan,
Nifas,dan BBL : 3 SKS
7. MKP 6.3 Asuhan Kebidanan Pada
Kasus Kompleks : 3 SKS
8. MKP 6.5 Masalah dan Gangguan Pada
Sistem Reproduksi : 2 SKS

Jumlah Mahasiswa semester ganjil
a. Tk I : 74 orang
b. Tk II : 74 orang
c. Tk III : 36 orang

Evaluasi terhadap proses pembelajaran secara formatif dan sumatif,
dilaksanakan uji tulis dan uji praktik. Uji tulis dibagi menjadi dua yaitu Ujian
Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester, sedangkan ujian praktik
dilaksanakan bagi mahasiswa Tk.I di Laboratorium Klinik berdasarkan
kompetensi yang diharapkan pada mata ajar Keterampilan Dasar Praktik
Kebidanan.
Penentuan prestasi pendidikan ditentukan pada rapat Yudisium yang dipimpin
oleh Waket 1 Bidang Akademik STIKes RSPAD Gatot Soebroto dan diikuti oleh
Kabag Akademik , kaprodi S1Kebidanan dan seluruh Dosen ,pada Hari Jumat
tanggal 03 Februari 2023. Hasil Indeks Prestasi yang dicapai oleh mahasiswa,
sebagai berikut :
a. Tingkat 1
1. Kamila IPS : 3,87
2. Anisa Sulistia IPS : 3,82
3. Fajri IPS : 3,76

b. Tingkat II
1. Cinta Marsyanda IPS : 3,97
2. Lestari IPS : 3,86
3. Agista IPS : 3,80

c. Tingkat III
1. Siti Fatimah IPS : 3,96
2 Anggi IPS : 3,93
3. Maryam Nisa IPS : 3,93
Dari hasil evaluasi pendidikan semester ganjil tersebut dinyatakan lulus semua.

Semester Genap
Pelaksanaan Proses belajar mengajar dilaksanakan dengan berbagai
metode pendekatan pembelajaran. Pembelajaran secara teori dilakukan di kelas
dengan metode ceramah, diskusi, penugasan dan presentasi. Pembelajaran
praktik dilaksanakan di laboratorium kelas dan laboratorium klinik di Rumah sakit.
Proses belajar mengajar menggunakan 16 minggu efektif termasuk untuk
evaluasi, dengan 36 jam pelajaran setiap minggu.

Pelaksanaan proses belajar teori diberikan oleh dosen baik dari dalam
maupun dari luar STIKes RSPAD Gatot Soebroto. Untuk praktik oleh
pembimbing klinik dari STIKes RSPAD Gatot Soebroto dan clinical instruktur
ruang perawatan RSPAD Gatot Soebroto, Rumah Bersalin dan Puskesmas.

Tempat. untuk kelangsungan proses belajar mengajar teori di kelas dan
praktika (laboratorium kelas) menggunakan tempat di Laboratorium STIKes
RSPAD Gatot Soebroto.

Mata Kuliah yang dilaksanakan pada Prodi S1 Kebidanan disesuaikan
dengan kurikulum Pendidikan Tinggi sesuai dengan visi dan misi STIKes RSPAD
Gatot Soebroto. Adapun distribusi mata kuliah adalah sebagai berikut :

Tk I semester 2 dengan beban studi 19 SKS
1 MKP 2.1 Keterampilan Dasar Praktik Kebidanan 5 SKS
2 MKP 2.2 Komunikasi Efektif dalam Praktik Kebidanan 4 SKS
3 MKP 2.3 Fisika Kesehatan dan Biokimia 2 SKS
4 MKP 2.4 Farmakologi 2 SKS
5 MKP 3.2 Mikrobiologi dan Parasitologi 2 SKS
6 MKWU 2.6 Bahasa Indonesia 2 SKS
7 MKPI 2.7 Bahasa Inggris 2 SKS

Tk 2 semester 4 dengan beban studi 24 SKS
1 MKP 4.1 Profesionalisme Kebidanan
4 SKS
2 MKP 4.2 Asuhan Kebidanan pada Kehamilan 6 SKS
3 MKP 4.3 Asuhan kebidanan pada persalinan 5 SKS
4 MKP 4.4 Asuhan Kebidanan Pada BBL 2 SKS
5 MKPI 4.5 Komplementer kehamilan 3 SKS
6 MKPI 4.6 Komplementer Persalinan 2 SKS
7 MKPI 4.7 Konsep Kesehatan Matra 2 SKS


TK 3 semester 6 dengan beban studi 23 SKS
1 MKPI 6.1 Ilmu Kesehatan Anak 3 SKS
2 MKP 6.2 Pelayanan Keb.Komunitas 4 SKS
3
MKPI 6.3 Komplementer Bayi

5 SKS
4 MKP 6.4 Kebijakan dlm kebidanan 3 SKS
5 MKP 6.2
Askeb pada perempuan dan anak dlm
kondisi rentan
2 SKS
6 MKP 6.7 Penelitian dalam kebidanan 2 SKS
7 MKPI 4.5 Praktik Profesional Bidan 2 SKS
8 MKP 6.8 Kegawat daruratan maternal dan neonata 3 SKS

Untuk mengevaluasi proses pembelajaran secara formatif dan sumatif,
dilaksanakan uji tulis dan uji praktik. Uji tulis dibagi menjadi dua yaitu Ujian
Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester, sedangkan ujian praktik
dilaksanakan bagi mahasiswa Tk.I di Laboratorium Klinik berdasarkan
kompetensi yang diharapkan pada mata ajar Keterampilan Dasar Praktik
Kebidanan.

Prestasi dalam pendidikan ditentukan pada rapat Yudisium yang
dipimpin oleh waket I STIKes RSPAD Gatot Soebroto dan diikuti oleh Kabag
Akademik dan Ka prodi SI Kebidanan beserta dosen pada tanggal 11 Agustus
2023 untuk semester 2, 4, dan 6. Hasil Indeks Prestasi yang dicapai oleh
mahasiswa, sebagai berikut Semester 2
a. Kamila Khairunnisa IPK 3,70
b. Fajri IPK 3,66
c. Anisa Sulistya IPK 3,63
Semester 4
a. Agista Apriyani IPK 3,84
b. Ardelia Pratiwi IPK 3,84
c. Olviany Ayu IPK 3,63
Semester 4
a. Agista Apriyani IPK 4,00
b. Ardelia Pratiwi IPK 4.00
c. Olviany Ayu IPK 3,63

Permasalahan. Tidak ada permasalahan yang mendasar dalam
penentuan kekenaikan tingkat. Karena Dari hasil yudisium seluruh mahasiswa
tingkat I naik tingkat ke tingkat II semester 3 dinyatakan lulus semua. Hanya
masih terdapat mahasiawa yang IP semester dibawah 3,00 .hal ini perlu menjadi
perhatian untuk proses pembelajaran selanjunya mengingat IPK yang
diaharapkan minimal 3,00.

Pemecahan Masalah. Untuk Mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi
dibawah 3,00 agar menjadi perhatian oleh Penasehat Akademik agar lebih
memotivasi mahasiswa bimbingannya dalam kegiatan pembelajaran maupum
belajar mandiri .

Prodi S I Keperawatan

Semester Ganjil

Pelaksanaan Proses belajar mengajar dilaksanakan dengan berbagai
metode pendekatan pembelajaran. Pembelajaran secara teori dilakukan di kelas
dengan metode ceramah, diskusi, penugasan dan presentasi. Pembelajaran
praktik dilaksanakan di laboratorium kelas dan laboratorium klinik di Rumah sakit.
Proses belajar mengajar menggunakan 16 minggu efektif termasuk untuk
evaluasi, dengan 36 jam pelajaran setiap minggu.

Pelaksanaan proses belajar teori diberikan oleh dosen dari STIKes
RSPAD Gatot Soebroto dan dosen dari RSPAD Gatot Soebroto serta Institusi
yang lainnya. Untuk praktik oleh pembimbing klinik dari STIKes RSPAD Gatot
Soebroto dan clinical instruktur dari ruang perawatan RSPAD Gatot Soebroto.

Tempat untuk kelangsungan proses belajar mengajar teori dan
praktika (laboratorium kelas) menggunakan tempat di STIKes RSPAD Gatot
Soebroto. Mata Kuliah yang dilaksanakan pada Prodi S1 Ke perawatan
disesuaikan dengan kurikulum Pendidikan Tinggi sesuai dengan visi dan misi
STIKes RSPAD Gatot Soebroto. Adapun distribusi mata kuliah adalah sebagai
berikut :

Semester 1
Tk I semester 1 dengan beban studi : 20 SKS
1 MKA.GS 1.01 Agama 2 SKS
2 MKA.GS 1.02* Pendidikan Budaya Anti Korupsi 2 SKS
3 MKA.GS 1.03 Bahasa Indonesia 2 SKS
4 MKA.GS 1.04 Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia 4 SKS
5 MKA.GS 1.05 Ilmu Biomedik Dasar 4 SKS
6 MKA.GS 1.06 Konsep Dasar Keperawatan 3 SKS
7 MKA.GS 1.07 Falsafah dan Teori Keperawatan 3 SKS


Tk II Semester 3 dengan beban studi 23 SKS
1 MKA.GS 3.01 Sistem Informasi Kep. 2 SKS
2 MKA.GS 3.02* Kewarganegaraan 2 SKS
3 MKA.GS 3.03 Kep. Dewasa I : Sistem kardiovaskuler,
respiratori dan hematologi
4 SKS

4 MKA.GS 3.04 Keperawatan Maternitas 4 SKS
5 MKA.GS 3.05 Komunikasi Terapeutik
Keperawatan
4 SKS
6 MKA.GS 3.06 Psikososial dan budaya dalam
keperawatan
2 SKS
7 MKA.GS 3.07 Pengantar Kesehatan matra 3 SKS
8 MKA.GS. 3.08 Bahasa Imggris Keperawatan 2 SKS

Jumlah
Tk I
TK II
Mahasiswa
: 100 orang
: 100 orang



Untuk mengevaluasi proses pembelajaran secara formatif dan sumatif,
dilaksanakan uji tulis dan uji praktik. Uji tulis dibagi menjadi dua yaitu Ujian
Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester, sedangkan ujian praktik
dilaksanakan bagi mahasiswa Tk.I di Laboratorium Klinik berdasarkan
kompetensi yang diharapkan pada mata ajar pemenuhan kebutuhan dasar
manusia.

Prestasi dalam pendidikan ditentukan pada rapat Yudisium yang
dipimpin oleh Ketua STIKes RSPAD Gatot Soebroto dan diikuti oleh Kabag
Akademik dan Kaprodi SI Keperawatan beserta Dosen pada tanggal 30 Januari
2023, hasil Indeks Prestasi yang dicapai oleh mahasiswa, sebagai berikut :

Semester 1
b. Faiza Candarini Widyatama IPS 3,67
a. Desky Nugra Pritama IPS 3,66
b. Rahma Devita IPS 3,62
Semester 3
a. Azra Ayuni Dewi IPS 3,82
a. Caecillia Nesya N IPS 3,78
b. Caecillia Delima Putri IPS 3,62

Semester Genap

Pelaksanaan Proses belajar mengajar dilaksanakan dengan berbagai
metode pendekatan pembelajaran. Pembelajaran secara teori dilakukan di kelas
dengan metode ceramah, diskusi, penugasan dan presentasi. Pembelajaran

praktik dilaksanakan di laboratorium kelas dan laboratorium klinik di Rumah sakit.
Proses belajar mengajar menggunakan 16 minggu efektif termasuk untuk
evaluasi, dengan 36 jam pelajaran setiap minggu.

Pelaksanaan proses belajar teori diberikan oleh dosen dari STIKes
RSPAD Gatot Soebroto dan dosen dari RSPAD Gatot Soebroto serta Institusi
yang lainnya. Untuk praktik oleh pembimbing klinik dari STIKes RSPAD Gatot
Soebroto dan clinical instruktur dari ruang perawatan RSPAD Gatot Soebroto.

Tempat untuk kelangsungan proses belajar mengajar teori dan
praktika (laboratorium kelas) menggunakan tempat di STIKes RSPAD Gatot
Soebroto. Mata Kuliah yang dilaksanakan pada Prodi S1 Keperawatan
disesuaikan dengan kurikulum Pendidikan Tinggi sesuai dengan visi dan misi
STIKes RSPAD Gatot Soebroto. Adapun distribusi mata kuliah adalah sebagai
berikut :

Semester Genap
Tk I semester 2 dengan beban studi : 21 SKS
1. MKA.GS 2.01 Komunikasi dalam keperawatan 2 SKS
2. MKA.GS 2.02 Pancasila 2 SKS
3. MKA.GS 2.03 Keterampilan Dasar Keperawatan 5 SKS
4. MKA.GS 2.04 Proses Keperawatan dan Berfikir Kritis 3 SKS
5. MKA.GS 2.05 Ilmu Dasar Keperawatan 3 SKS
6. MKA.GS 2.06 Farmakologi 3 SKS
7. MKA.GS 2.07 Pendidikan dan Promosi Kesehatan 3 SKS

Semester 4
1. MKA.GS 1.01 Agama 2 SKS
2. MKA.GS 1.02* Pendidikan Budaya Anti Korupsi 2 SKS
3. MKA.GS 1.03 Bahasa Indonesia 2 SKS
4. MKA.GS 1.04 Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia 4 SKS
5. MKA.GS 1.05 Ilmu Biomedik Dasar 4 SKS
6. MKA.GS 1.06 Konsep Dasar Keperawatan 3 SKS
7. MKA.GS 1.07 Falsafah dan Teori Keperawatan 3 SKS

Jumlah mahasiswa tingkat I : 100 orang
Jumlah mahasiswa tingkat II : 97 orang

Untuk mengevaluasi proses pembelajaran secara formatif dan sumatif,
dilaksanakan uji tulis dan uji praktik. Uji tulis dibagi menjadi dua yaitu Ujian
Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester, sedangkan ujian praktik
dilaksanakan bagi mahasiswa Tk.I di Laboratorium Klinik berdasarkan
kompetensi yang diharapkan pada mata ajar pemenuhan kebutuhan dasar
manusia dan Ilmu Biomedik Dasar menggunakan metode OSCE.

Prestasi dalam pendidikan ditentukan pada rapat Yudisium yang
dipimpin oleh Ketua STIKes RSPAD Gatot Soebroto dan diikuti oleh Kabag
Akademik dan Kaprodi SI Keperawatan beserta Dosen pada tanggal 8 Agustus
2023 Hasil Indeks Prestasi yang dicapai oleh mahasiswa, sebagai berikut :

Semester 2
1. Desky Nugra Pritama IPS 3,91
2. Faiza Candra rini Widyatama IPS 3,89
3. Nabilah Auliya Purnama IPS 3,86

Semester 4
1. Azra Ayuni Dewi Mutakkil IPS 3,88
2. Elvira Indi Yuliasari IPS 3,83

Permasalahan. Terdapat mahasiswa semester 3 a.n Fagita Widia Astuti
dengan NIM 22142011017 belum lulius MK Keterampilan Dasar Keperawatan
Mahasiswa atas nama Saldy Hermawan dengan NIM 2114201091Tidak
mengikuti evaluasi pembelajaran sehingga nilai semua mata kuliah nilainya E.
Masih terdapat mahasiawa yang IP semester dibawah 3,00 hal ini perlu menjadi
perhatian untuk proses pembelajaran selanjunya mengingat IPK yang
diaharapkan minimal 3,00.

Pemecahan Masalah. Mahasiswa Fagita Widia Astuti menyelesaikan
MK Ketrampilan Dasar di semester berikutnya . Mahasiwa Saldi Hermawan
dilakukan home visit untuk menanyakan kelanjutan pendidikan . Untuk
Mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi dibawah 3,00 agar menjadi perhatian
oleh Penasehat Akademik agar lebih memotivasi mahasiswa bimbingannya
dalam kegiatan pembelajaran maupum belajar mandiri.

b. Bidang Personil, Anggaran dan logistik, Sarana dan Prasarana
1) Bidang Personel
Realisasi kegiatan adalah sebagai beikut
a) Perekrutan dilakukan karena kebutuhan SDM pada Prodi
Profesi Ners yang mengacu pada persyaratan penyelenggaraan
pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RSPAD Gatot
Soebroto. Personel yang diterima sebagai dosen tetap Prodi
Srajana Keperawatan sebanyak 5 orang dengan kualifikasi
pendidikan Magister Keperawatan dan Spesialis yaitu : Ns.Ana
Khumaeroh, M.Kep, Ns.Wilda Fauzia, M.Kep, Ns. Satriani,
M.Kep, Ns.Siti Rohana,M.Kep,Sp.M dan Ns. Ira, M.Kep
b) Tersusunnya pedoman pengelolaan Sumber Daya Manusia
c) Dalam pelaksanaan tugas personel STIKes RSPAD Gatot
Soebroto telah mengacu pada peraturan yang telah ditentukan
dan uraian tugas masing-masing.
d) Dalam meningkatkan mutu SDM personel STIKes RSPAD
Gatot Soebroto dengan telah memberikan izin belajar kepada 3
orang dosen Prodi Sarjana Kebidanan untuk mengikuti
pendidikan profesi Kebidanan atas nama Hesti Kusumaningrum,
S.S.T. M.Keb, Devi Yulianti, SST., M.Bmd, Rina Wijayanti, SST.,
SKM., MKM dan 2 orang dosen sudah menyelesaikan pendidikan
Profresi Bidan. Dosen yang sedang mengikuti jenjang
pendidikan S3 melalui beasiswa Kementerian Pertahanan a.n.
Ns. Laurentia Dewi Fatmawati, M.Kep p ada Fakultas
Keperawatan UI, beasiswa dari Lembaga Pengelolaan Dana
Pendidikan (LPDP) a.n. Manggiasih Dwi Ayu Larasati, SST.,
M.Biomed pada Fakultas Kedokteran UI dan Christin Jayanti,

SST,M.Kes mengikuti Pendidikan di Universitas Negeri
Semarang.
e) Mengikutsertakan dosen dan tenaga kependidikan seminar,
pelatihan dan workshop sesuai dengan bidang keilmuan.

2) Bidang Anggaran dan Logistik
Realisasi :
a) Merekap pemasukan dan pengeluaran anggaran
T.A 2022/2023
b) Mengevaluasi penyerapan program anggran T.A 2022-2023
c) Membuat laporan tahunan sebagai pertanggung jawaban
pelaksanaan program kerja dan anggaran T.A 2022-2023
d) Membuat rekapan Jumlah mahasiswa Tugas Belajar di Prodi
DIII Keperawatan :
1) Tingkat I : 13 mahasiswa
2) Tingkat 2 : 11 mahasiswa
3) Tingkat 3 : 8 mahasiswa

3) Bidang Sarana Prasarana dan Logistik
Realisasi :
a) Pembuatan kelas Theater
b) Pembuatan pagar untuk tanaman
c) Perbaikan atap dan dinding dak atap lantai 3 Gedung A
d) Renovasi ruang kelas Lantai1,2,3 Gedung A
e) Perbaikan kamar mandi lantai 2 dan 3 Gedung A
f) Perbaikan atap dan genteng lantai 2 Gedung A
g) Renovasi Laboratorium komputer
h) Renovasi ruang LPPM
i) Perbaikan koridor prodi kebidanan
j) Perbaikan ruang BAAK
k) Pemindahan dan pemasangan profil tank
l) Pemeliharaan sarana dan prasarana: AC, Lampu dan
Randis.

Pengadaan bidang Logistik (alum, alin dan alongin)
Realisasi
No Uraian Satuan
1 Kursi kuliah Futura 120 buah
2 Kursi kuliah Chitos 50 buah
3 Komputer 3 unit
4 HDMI Nipon Tech 58 meter
5 Projector Microvision MX 400 17 buah
6 Bracket Universal 5 buah
7 Meja Projector 1 buah
8 Manual Screen 96" 15 buah
9 Sound System Lengkap 7 unit
10 CCTV 1 set
11 Speker Fortable AlChott 8 dan 10 2 unit
12 TV LED 32 Inch + Bracket 1 set
13 Mic wireless alchott digital 3 set
14 Kabel CCTV 4 rol
15 Power Suplay 30A 1 buah
16 TP-Link N300 5 buah
17 PC al In One Asus V222FAX-B4542W 3 unit
18 AC R3 AUX ASW-09A4 5 unit
19 AC R3 AUX ASW-18A4 13 unit
20 Meja Lipat 10 buah
21 Pembuatan Taplak Meja 15 buah
22 Pembuatan Cover Kursi 50 buah
23 Kalung Senat 1 buah
24 AC ASW-12A4/FAR3 3 unit
25 Tempat Makan Karyawan 70 buah
26 Sofa Clarisa 2 buah

27 Samsung Tab A.8.0 1 unit
28 Wireless AC 1750 2 unit
29 PC al In One 24-CB10170 15+123SU 1 unit
30 Etalase Tempat Helm Pemadam 3 buah
31 Layar Motorized 3x4 1 unit
32 Komputer 1 unit
33 AKI N70 Amper mobil Elf 1 buah
34 Kursi Roda 2 buah
35 Hand Imobilizer 1 buah
36 Microscope X52-208BN sc1 3 buah
37 Tandu Lipat Kain 1 buah
38 Flaxible Strech 1 buah
39 GEA YDC 7A3 Spinal Board 1 buah
40 Multi Fuctional Nursing Manikin 1 buah
41 Selimut 14 buah
42 Perlak 20 buah
43 Bantal 20 buah
44 Sprai 20 buah

1) Bidang Kemahasiswaan. Realisasi Kegiatan yang telah
dilaksanakan antara lain :
a. Pembuatan program dan laporan kerja bidang
kemahasiswaan
b. Membuat program dan laporan kerja Supervisi kegiatan –
kegiatan BEM seperti :
1) Terlaksananya SPMB
2) Terlaksananya PKKMB
3) Terlaksananya LBN di Pudikkes
4) Terbentuknya organisani kepengurusan BEM, HIMA
(S1 Kebidanan, S1 Keperawatan, dan D III
Keperawatan) dan DPM

5) Terbentuknya Unit Kegiatan mahasiswa : UKM futsal,
Seni tari, taekwondo, bulutangkis, pencak silat, volly,
paduan suara
6) Membuat Pedoman Seleksi Penerimaan Mahasiswa
Baru (SPMB)
7) Melaksanakan Kaping Day
8) Terbentuknya call center bagi mahasiswa dan satu
unit Hp bagi konselor internal

c. Mengkoordinir kegiatan – kegiatan yang melibatkan
mahasiswa antara lain : Ekstrakurikuler dibidang
olahraga dan kesenian. Bakti Sosial, kegiatan
keagamaan dan Dies Natalis STIKes RSPAD Gatot
Soebroto.
1) Melaksanakan bakti sosial di panti asuhan daerah
Rorotan
2) Penggalangan Dana Bulan Donor Darah kepada
civitas akademik (bekerja sama dengan PMI dan
LLDikti)
3) Pembagian takjil bekerja sama dengan RSPAD Gatot
Soebroto
4) Partisipasi mahasiswa mengikuti kegiatan lomba-
lomba lokal dan nasional (tingkat lokal HUT STIKes
RSPAD Gatot Soebroto dan Nasional di Aisyah
University Pringsewu, Tk Nasional di STIKes
Husada, Tingkat International di Medika Suherman
University, Training & lomba Public Speaking bagi
mahasiswa Kesehatan seluruh Indonesia/tk
Nasional)
5) Partisipasi acara HUT RSPAD Gatot Soebroto
6) Mengadakan donor darah bekerjasama dengan Unit
Transfusi Darah RSPAD Gatot Soebroto dalam
rangka Diesnatalis STIKes RSPAD Gatot Soebroto

d. Mengkoordinir pemberian beasiswa baik dari Institusi
STIKes RSPAD Gatot Soebroto, Kemendikbud/LLDikti,
Yayasan DKI dan Insitusi lainnya.
1) Terlaksananya pemberian beasiswa bagi mahasiswa
berprestasi di tiap semesternya yang bersumber dari
institusi berupa potongan biaya kuliah (terbaik
pertama potongan biaya kuliah 45%, kedua 35%, dan
ketiga 20%) dengan berkordinasi dengan bidang
akademik/Kabag Akademik.

2) Beasiswa bersumber dari LLDIkti :
KIP : (Rp 1.400.000,-/bulan diterima setiap semester)
- Vadya Tk 3 (Prodi D3 Keperawatan)
- Febianna Tk 2 (Prodi D3 Keperawatan)

3) Beasiswa bersumber dari Yayasan Beasiswa Jakarta
sebanyak 26 mahasiswa yang mengajukan.
Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan 18 mahasiswa,
Prodi S1 Kebidanan sebanyak 1 mahasiswa, dan
Prodi S1 Keperawatan sebanyak 7 mahasiswa.
Besarnya beasiswa yang akan didapatkan yaitu
sebesar Rp 3.900.000,-

e. Melakukan monitoring road show ke sekolah yaitu
melakukan promosi di daerah SMK Kesehatan Harapan
Bunda Sukabumi

f. Mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan
oleh L2DIKTI seperti yaitu Mahasiswa dilibatkan dalam
pembentukan PPKS saat ini masih dalam proses.

g. Memonitor dan mengevalusi Organisasi Mahasiswa yaitu
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), HIMA (Himpunan
Mahasiswa) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
periode 2022-2023.

1) Terbentuknya BEM, HIMA dan DPM serta
penyusunan AD/ART
2) Melengkapi fasilitas yang menunjang kegiatan
mahasiswa seperti ruang BEM di renovasi, ATK, alat-
alat olahraga dan lain-lain.
h. Menyusun laporan prestasi akademik dan non akademik
setiap tahun akademik.
1) Teridentifikasi mahasiswa yang berprestasi secara
akademik dengan berkoordinasi dengan bidang
akademik
2) Adanya mahasiswa yang berprestasi non akademik
tingkat lokal, nasional dan internasional
i. Menyusun laporan lama studi mahasiswa dan
keberhasilan studi untuk setiap program.
1) Melakukan rekapitulasi data mahasiswa baik nilai dan
persetujuan KRS melalui siakad
2) Pelaporan lama dan keberhasilan masa studi sudah
dimasukkan kepangkalan data langsung yaitu sivema
sehingg bisa diakses secara mudah
j. Mengadakan acara keabraban (agenda tahunan) yaitu
terlaksananya keakraban bagi sivitas akademik melalui
capacity building di Bumi Perkemahan Cibubur.
k. Mengadakan kegiatan career day
1) Memberikan motivasi kepada mahasiswa baru
dengan mendatangkan alumni dan share
pengalaman
2) Melakukan bimbingan dan konseling melalui
Pembimbing Akademik di awal perkuliahan,
menjelang ujian atau setelah ujian.
l. Membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
kegiatan bimbingan dan konseling di STIKes RSPAD
Gatot Soebroto.
1) Pelaksanaan bimbingan dilakukan oleh PA masing-
masing dengan minimal pertemuan tiga kali dalam

satu semester sebelum dan setelah ujian serta waktu
tertentu jika ada hal-hal dianggap perlu yang
dimasukkan kedalam sistem Sivema.
2) Melaksanakan konseling pada mahasiswa yang
mengalami permasalahan apabila PA membutuhkan
konseling lebih lanjut terutama mahasiswa yang
mempunyai permasalahan di akademik seperti saat
perkuliahan atau praktik (laporan tersendiri oleh
Konselor internal).
m. Menyusun daftar pembimbing akademik untuk setiap
mahasiswa per tahun akademik.
1) Pembimbing akademik setiap dosen prodi
keperawatan mendapatkan mahasiswa sebanyak 20-
35 orang.
2) Pembimbing akademik setiap dosen prodi kebidanan
mendapatkan mahasiswa sebanyak 15-20 orang.

n. Memberikan layanan dan bimbingan kepada mahasiswa
yang mengalami kendala selama menjalani proses
pendidikan.
1) Tersedianya ruang konsultasi bagi mahasiswa
2) Tersedianya satu unit Hp sebagai alat komunikasi
langsung kepada konselor
3) Tersedianya media edukasi stop bullying dan
kekerasan seksual dalam bentuk banner
4) Tersedianya call center bagi mahasiswa yang
mengalami kejadian bullying dan kekerasan seksual
2) Bidang Konseling.
Realisasi bidang konseling adalah sebagai berikut:
a) Kegiatan konseling telah dilaksanakan kepada
mahasiswa yang bermasalah.
b) Telah dilaksanakan koordinasi dengan seksi
kemahasiswaan/ para dosen tentang buku bimbingan.

c) Jadwal pembimbing akademik (PA) untuk setiap
mahasiswa telah dillaksanakan dan disosialisasikan kepada
seluruh dosen.

3) Bidang Unit Pusat Karier dan Alumni
Realisasi :
a. Tersedianya ruangan yang dilengkapi dengan sarana
pendukung
1) Terbentuknya struktur organisasi pusat karir
2) Melaksanakan workshop kegiatan kesiapan bagi
calon lulusan
b. Terdapat pangkalan data identitas para lulusan yang
terintegrasi dengan website STIKes RSPAD Gatot
Soebroto (sevima)
c. Meng-up grade informasi lowongan kerja secara
terjadwal melalui bursa kerja, website dan sosial media
1) Alumni dapat mengakses informasi lowongan
pekerjaan yang sesuai dengan prodi melalui media
sosial
2) Lowongan pekerjaan dimasukkan dalam web, social
media dan grup angkatan
d. Merencanakan kegiatan kampus hiring
1) Informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan
prodi dengan bekerja sama dengan para user dan
alumni yang memiliki praktek dan mempercepat
masa tunggu lulusan.
2) Adanya MOU dengan beberapa institusi (menunggu
follow up RSIA Pratiwi, RS Hermina Tanggerang, RS
Bhakti Asih Tangerang)
e. Menyelenggarakan pelatihan dan atau seminar untuk
meningkatkan employability serta skill bagi mahasiswa
tingkat akhir dan alumni dalam bentuk kegiatan:
workshop prodi D3 keperawatan.

f. Menjalin kerja sama kepada stakeholder dan user pada
saat ini dalam skala wilayah
g. Melaksanakan kegiatan tracer studi tahun lulusan dan 1
tahun setelah lulus yaitu tahun lulus 2021 dan 2022
sedangkan untuk lulusan tahun 2022 saat ini sudah
sosialisasi.
h. Meng-upgrade data alumni dalam grup alumni melalui
aplikasi telegram atau WhatsApp dan Facebook
i. Melakukan kegiatan pengembangan jejaring alumni yaitu
meningkatkan partisipasi alumni dalam kegiatan
Tridharma Perguruan Tinggi dan meningkatkan
partisipasi alumni dalam rekrutmen mahasiswa baru
serta kegiatan diesnatalis STIKes RSPAD.
j. Memfasilitasi ikatan alumni dalam mengadakan kegiatan
donasi bulan dana donor darah.

k. Memfasilitasi uji kompetensi bagi bagi alumni DIII
Keperawatan yaitu melakukan koordinasi dan
pendalaman materi sebelum pelaksanaan uji kompetensi
dan mayoritas alumni antusias dan hadir dalam kegiatan
pendalaman materi.
l. Melakukan kegiatan workshop menghadapi dunia kerja
yaitu terlaksananya workshop kepada alumni yang baru
lulus dengan melibatkan nara sumber alumni.
m. Mengadakan bimbingan uji kompetensi yang
dilaksanakan oleh para alumni untuk prodi D3
keperawatan dan prodi D3 kebidanan. Pelaksanakan
dillakukan sebelum uji kompetensi dibuat secara offline
dalam beberapa hari.

d. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
No Nama Dosen Judul Penelitian

Publikasi
KEPERAWATAN
1. Ita Implementation of
Nursing Care for
Clients with
Stadium IIA Cervic
Cancer in Anxiety
Disorders with
Benson's
Relaxation in The
Pavilion of Faith
Sudjudi Floor II
Gatot Soebroto
Army.
Journal Educational of
Nursing (JEN)
Vol. 6 No. 1 – January –
June 2023; page 28-32
p-ISSN : 2655-2418; e-
ISSN : 2655-7630
journal homepage:
https://ejournal.akperrspadj
akarta.ac.id
DOI :
10.37430/jen.v6i1.139.
SINTA 5
2. Reni The Relationship
Between Activity
Independence
Level and Anxiety
Level of Elderly In
Budi Mulia 3
Service, 2022.
Jurnal Educational of
Nursing (JEN) Vol 6, No 1
(2023). SINTA 5
5. Laurentia Dewi
Fatmawati
Dewi, A., Hariyati,
R. T. S., Kuntarti,
K., Handiyani, H.,
& Dewi, L. (2021).
Kecerdasan
Emosional dan
Dukungan Atasan
sebagai
Determinan
Komitmen Perawat
di Era Pandemi
COVID-19.
Journal of Telenursing
(JOTING), 3(2), 478-490.
DOI:
https://journal.ipm2kpe.or.id
/index.php/JOTING/article/v
iew/2698. SINTA 3
6. Titik
Setiyaningrum
Implementation of
Family
Psychoeducation
on Foot Care
Ability in Diabetic
Neuropathy
Patients in Palu
City, Indonesia.
Jurnal Medical Azerbaijan
(AMJ) ISSN: 0005-2523
Volume 63, Issue 03,
March, 2023
7. Riza Ginanjar
Mustofa
The Relationship
Between Activity
Independence
Level and Anxiety
Level of Elderly In
Jurnal Educational of
Nursing (JEN) Vol 6, No 1
(2023). SINTA 5

Budi Mulia 3
Service, 2022
8. Imam
Subiyanto
Implementation of
Family
psychoeducation
on Foot Care
Ability in Diabetic
Neuropathy
Patients in Palu
City, Indonesia.
Jurnal Medical Azerbaijan
(AMJ) ISSN: 005-2523
Volume 63, Issue 03,
March, 2023.
9. Septirina
Rahayu
The Relationship
Between Activity
Independence
Level and Anxiety
Level of Elderly In
Budi Mulia 3
Service, 2022.
Jurnal Educational of
Nursing (JEN) Vol 6, No 1
(2023). SINTA 5
Effect of
Competence,
workload
leadership on
Nurse
Performance
Jurnal Educational of
Nursing (JEN) Vol 3, No 2
(2020). SINTA 5
10. Wilda Fauzia Profil
Hemodinamik
Pada Soccer Pria
Pra Lanjut USia
Selama Masa
Latihan High
Intensity Interval
Training (HIIT)
Journal of Telenursing
(JOTING) Volume 5, Nomor
2, Juli-Desember 2023 e-
ISSN: 2684-8988 p-ISSN:
2684-8996 DOI
ttps://doi.org/10.31539/jotin
g.v5i2.7237. SINTA 3
11. Ana
Khumaeroh
Profil
Hemodinamik
Pada Soccer Pria
Pra Lanjut Usia
Selama Masa
Latihan High
Intensity Interval
Training (HIIT)
Journal of Telenursing
(JOTING) Volume 5, Nomor
2, Juli-Desember 2023 e-
ISSN: 2684-8988 p-ISSN:
2684-8996 DOI
ttps://doi.org/10.31539/jotin
g.v5i2.7237. SINTA 3
15. Memed S
Setiawan
Effect of
Competence,
workload
leadership on
Nurse
Performance
Jurnal Educational of
Nursing (JEN) Vol 3, No 2
(2020). SINTA 5
16. Hendik
Wicaksono
Hubungan Antara
CT Value dengan
Faktor Determinan
pada Pasien
COVID-19 dengan
Ventilator di
Jurnal Riset Hesti Medan
Akper Kesdam I/BB Medan e-
ISSN 2615-0441 | p-ISSN
2527-9548 Vol. 7, No. 2,
Desember 2022, pp. 148-153

RSPAD Gatot
Soebroto
18. Dayuningsih Pengaruh Teknik
Relaksasi Otot
Progesif Terhadap
Tekanan darah pada
Pasien Hipertensi di
Puskesmas
Kecamatan Johar
Baru Jakarta
Dalam proses publikasi
20. Teti Hayati Pengaruh Edukasi
Diabetes Mellitus
tipe 2 Terhadap
Pengetahuan Ibu
Pengajian M.T
Hubbi Arrassuul Di
RW. 01 Pejaten
Timur Jakarta
Dalam proses publikasi
21. Rahayu
Maharani
Penerapan
Pengalihan
Distraksi Visual
Pada An.G
dengan Akut
Leukemia
Limfoblastik (ALL)
dalam Penurunan
Tingkat Nyeri Akut
di RSPAD Gatot
Soebroto
Dalam proses publikasi
23. Bahreni Yusuf Efektifitas Terapi
Musik Mozart
Untuk Mengatasi
Nyeri

Dalam proses publikasi
24. Rina Wijayanti,
SKM, MKM
Dina Raidanti
Knowledge,
Attitude, Motivation
and Husband
Support in Women
of Childbearing Age
with the Interest of
Checking for Visual
Inspection with
Acetic Acid (VIA) at
TPMB Bidan R
Cisalak Pasar
Cimanggis Depok
Year 2022
International journal of health
& medical sciences (ISSN
2632-9433)
25. Devi Yulianti
Christin
Jayanti
The Relationship
Between Postpartum
Mother's Knowledge
and Colostrum
International journal of health
& medical sciences (ISSN
2632-9433)

Provision to
Newborns at the
Tanah Abang Sub-
District Health
Center
26 Illa Arinta
Febri Annisa
Faktor – factor
yang
mempengaruhi
KIPI Vaksinasi
covid-19 pada ibu
hamil di
Puskesmas
Kecamatan
Kemayoran
Dalam proses publikasi

2. Pengabdian kepada Masyarakat.
No Judul Pengabdian
kepada
Masyarakat
Nama Tim Dosen Nama
jurnal/Prosiding
Link Jurnal
1 Skrining faktor
Risiko Penyakit
Kardiovaskuler
Pada Pemain
Minisoccer

1. Ns. Wilda Fauzia,
M,Kep
2. Ns. Ana
Khumaeroh,
M.Kep

Jurnal Pengabdian
kepada
Masyarakat
Nusantara
(JPkMN)


https://ejournal.si
sfokomtek.org/ind
ex.php/jpkm/articl
e/view/1419

Sinta 5
2 Kegiatan
monitoring
pemberantasan
sarang nyamuk
(PSN) dan
pemantauan
jentik berkala
sebagai upaya
pencegahan
demam berdarah
dengue (DBD) di
wilayah kerja
puskesmas tanah
tinggi

1. Ns. Imam
Subiyanto, M.
Kep. Sp. Kep. MB
2. Ns. Titik
Setiyaningrum,
S.Kep, M.Kep
3. Ns. Ana
Khumaeroh,
M.Kep
4. Ns. Rahayu
Maharani, M.Kep
5. Ns. Riza Ginanjar,
M.Kep
6. Ns. Astrid, M.Kep.
Sp. Kep. MB
7. Ns. Dayuningsih,
M.Kep

Jurnal Abdimas
Panrita
https://ojs.stikesp
anritahusada.ac.i
d/index.php/jpmp/
article/view/1034





Sinta 4
3 Gambaran
Masalah
Kesehatan
Korban Pasca
Bencana Gempa
Cianjur
1. Ns. Wilda Fauzia,
M,Kep
2. Ns. Imam
Subiyanto, M.
Kep. Sp. Kep. MB
3. Ns. Reni, M.Kep
4. Ns. Teti Hayati,
M.Kep
Jurnal Pengabdian
kepada
Masyarakat
Nusantara
(JPkMN)
https://ejournal.si
sfokomtek.org/ind
ex.php/jpkm/articl
e/view/1412

Sinta 5

4 Edukasi Tentang
Penyakit Diabetes
Mellitus Type 2
Di Wilayah Rw 01
Pejaten Timur
Jakarta selatan

1. Ns. Teti Hayati,
M.Kep
2. Ns. Ana
Khumaeroh,
M.Kep
3. Ns. Wilda Fauzia,
M,Kep
4. Ns. Imam
Subiyanto, M.
Kep. Sp. Kep. MB
Proses Publikasi

5 Sehat dan
Sejahtera di Masa
Tua dengan Brain
Ns. Lela Larasati,
M.Kep, Sp.Kep. Mat
Proses Publikasi

Gym
6 Promosi
Kesehatan
(Promkes)
Peningkatan
Pengetahuan
Remaja Tentang
Kesehatan
Reproduksi di
SMK Raflesia
Depok
1. Johara, S.SiT.,
M.Tr, Keb
2. Ns, Ita, M.Kep
3. Ns. Hendik
Wicaksono.,
M.Kes
Di Arsipkan di
Perpustakaan
STIKes RSPAD
Proposal dan
laporan ada
7 Penyuluhan
Kesehatan Pada
Lansia Tentang
Tingginya
Kolesterol Salah
Satu Penyebab
Penyakit Stroke
Iskemik
1. Ns. Satriani,
M.Kep
2. Ns. Bahreni
Yusuf, M.Kep, Sp.
Kep. MB
3. Ns. Dyah Untari,
M.Kep, Sp. Kep.
MB
Di Arsipkan di
Perpustakaan
STIKes RSPAD
Proposal dan
laporan ada
8 Kegiatan Terapi
Relaksasi Otot
Progresif Pada
Kelompok dengan
Riwayat Penyakit
Hipertensi
1. Ns. Riza Ginanjar,
M.Kep
2. Ns. Dayuningsih,
M.Kep

Di Arsipkan di
Perpustakaan
STIKes RSPAD
Proposal dan
Laporan ada
9 Penyuluhan
Sebagai Media
Edukasi
Terhadap Tingkat
Kecemasan Ibu
Nifas Pada Masa
Pandemi Covid-
19 Di Rspad
Gatot Soebroto
Jakarta
Christin Jayanti

Di Arsipkan di
Perpustakaan
STIKes RSPAD
Proposal dan
Laporan ada
10 Pendampingan
wanita usia subur
pada
pemeriksaan
inspeksi visual
asam asetat (IVA)
Rina Wijayanti
Dina Raidanti
Di Arsipkan di
Perpustakaan
STIKes RSPAD
Proposal dan
Laporan ada
11 Penyuluhan
Pencegahan Dan
Pengetahuan Kipi
Vaksinasi Covid-
19 Pada Ibu
Hamil
Illa Arinta
Febri Annisa
Di Arsipkan di
Perpustakaan
STIKes RSPAD
Proposal dan
Laporan ada

e. Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI)
No
KEGIATAN NAMA PERSONEL
1 Melaksanakan pendampingan
Akreditasi Profesi Bidan
Diikuti oleh seluruh pokja Akreditasi
dengan narasumber dari Poltekkes
Jakarta 3
2 Melaksanakan Akreditasi Profesi
Bidan
Diikuti oleh seluruh civitas akademik dan
mahasiswa serta pembimbing klinik dari
lahan praktik
3 Mengikuti pelatihan Auditor
Akper Husada Karya Jaya
Rina Wijayanti
Titik Setyaningrum
Reni
Riza Ginanjar M
4 Mengikuti Klinik Akreditasi Ita
Tety Limbong
Hesti Kusumaningrum
5 Mengikuti Pelatihan Auditor di
Politeknik Karya Husada Jakarta
Hesti Kusumaningrum
Tety Limbong
Wilda Fauzia
Rahayu Maharani

BAB IV
PERMASALAHAN DAN TIND AK LANJUT

8. Permasalahan
a. STIKes RSPAD Gatot Soebroto belum memiliki gedung
sendiri sehingga dalam menyelenggarakan pendidikan
menggunakan gedung milik TNI dengan membayar sewa lahan ke
Kementerian Keuangan dengan biaya yang mahal.
b. Kualifikasi pendidikan dosen sebagian besar masih Magister
(S2) harus ditingkatkan ke jenjang Doktor (S3)
c. Pemenuhan Kebutuhan Alat Kesehatan atau alat peraga
praktik mahasiswa
d. Penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen belum
optimal


9. Tindak lanjut penyelesaian masalah
a. STIKes merencanakan untuk pembelian lahan untuk
membangun gedung egiatan pembelajaran praktikum di lakukan
secara ofline dengan metode bimbingan kelompok
b. Pengembangan Sumber Daya Manusia yaitu mengirim
dosen untuk mengikuti pendidikan S3 secara bertahap setiap
tahunnya.
c. Penambahan sarana dan prasarana laboratorium untuk
praktik dilaboratorium akan direncanakan bertahap didalam
anggaran belanja STIKes.
d. Menyusun rencana dan memotivasi Dosen untuk
melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
sesuai dengan bidang keilmuan

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

10. Kesimpulan
a. Secara umum kegiatan yang dituangkan dalam program
kerja STIKes RSPAD Gatot Soebroto T.A 2022-2023 dapat
dilaksanakan dengan lancar.
b. Beberapa kendala dan masalah yang ditemukan selama
pelaksanaan program akan di lakukan evaluasi dan dimasukan
kedalam program kerja T.A 2023-2024

11. Saran.
Setiap bidang untuk melakukan evaluasi dan program kerja yang
telah dilaksanakan T.A 2022-2023, agar program Kerja yang akan datang
dilaksanakan secara optimal dan terencana dengan baik.

BAB VI
PENUTUP

12. Penutup. Demikian laporan evaluasi pelaksanaan rencana kerja
dan anggaran STIKes RSPAD TA 202 2–2023 dibuat sebagai bahan
masukan dan pertimbangan Pimpinan serta sebagai dasar dalam
pelaksanaan rencana kerja dan anggaran berikutnya

Jakarta, September 2023
Ketua STIKes RSPAD Gatot Soebroto



Didin Syaefudin, S.Kp., M.A.R.S.
NIDK. 8995220021